Humaniora

13 Guru Lampung Finalis Olimpiade Guru Nasional 2019

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Sebanyak 13 guru jenjang SD, SMP, SMA/SMK/SLB di Provinsi Lampung, ditetapkan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagai finalis Olimpiade Guru Nasional (OGN) Pendidikan Dasar serta Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tahun 2019.

Sebelumnya, 13 guru tersebut merupakan peserta terbaik hasil seleski berjenjang OGN Pendidikan Dasar serta Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus tingkat Provinsi Lampung. Pemanggilan finalis OGN berdasar surat Direktur Pembinaan Guru Dikdas Nomor: 2582/B3.5/GT/2019 dan Direktur Pembinaan Guru Dikmen dan Diksus Nomor : 2037/B4.5/GT/2019.

Surat pemanggilan yang ditujukan ke Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, berisikan permintaan penugasan  kepada 13 guru tersebut, guna mengikuti OGN 2019, di Jakarta Selatan, DKI Jakarta, pada 29 April – 3 Mei 2019.

Adapun 13 guru, Rojai Nasrullah, S.Pd, SDN 1 Siderejo Tanggamus, bidang lomba Tematik; Badra Bayu Sugara, S.Pd, SDN 9 Metro Pusat, Metro (Matematika), Lusia Herawaty, S.Si, SMPN 24 Bandar Lampung (IPA); Agus Pujianto, S.Pd, SMP Muhammadiyah 3 Metro (IPS), Paustinus Edi Kristianto, SMP Xaverius 1 Bandar Lampung, (Matematika).

Kemudian, Turmijan, S.Pd, SMPN 6 Terbanggi Besar Lampung Tengah bidang lomba Bahasa Indonesia; dan Siswanjaya, S.Pd., M.Pd, SMPN 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah (Bahasa Inggris), Yuli Hariyanto, M.Pd, SMAN 13 Bandar Lampung (Bahasa Indonesia).

Selanjutnya, Lasma Dwina Rosmalianti Tulusita, M.Pd, SMAN 4 Bandar Lampung (Bahasa Inggris); Cucu Atikah, SMAN 1 Seputih Banyak (Biologi); Andri Satria, SMAS IT Ar Raihan (Ekonomi); Dian Rahmawati, S.S., M.Hum, SMAN 2 Bandar Lampung (Bahasa Jepang); dan Siti Rahayu, S.Pd, SLB Negeri Metro (Program Kebutuhan Khusus).

Kepala Disdikbud Lampung Drs. Sulpakar, M.M mengatakan, 13 guru tersebut akan mengikuti OGN 2019 tersebut, merupakan guru terbaik dimiliki Provinsi Lampung yang sebelumnya telah mengikuti seleksi berjenjang OGN tingkat provinsi, berkompetisi dengan guru dari 15 kabupaten/kota.

Selama di ibu kota negara tersebut, menurutnya, 13 guru kembali akan berkompetisi dengan 373 guru, terdiri dari 238 guru Dikdas dan 135 guru Dikmen dan Diksus terbaik, berasal dari 33 Provinsi di Indonesia, berdasar bidang, guna menyampaikan materi terkait OGN.

“OGN 2019 seleksinya cukup ketat. Tim penilai, akan benar-benar mencari guru terbaik dari yang terbaik dalam OGN ini. Kita berharap, mereka mampu memberikan yang terbaik pada OGN, demi mengharumkan nama Lampung,” ujar dia kepada smartnews.id, Jumat (19/4/2019).

Adapun manfaat para guru mengikuti OGN, menurut mantan Wali Kota Bandar Lampung ini, wawasan, pengetahun, motivasi, kompetensi, dan profesionalisme dikalangan guru SD, SMP, SMA/SMK/SLB khususnya dari Lampung, ilmu pengetahuannya semakin berkembang.

“OGN yang diikuti guru ini tidak saja ingin menjadi yang terbaik atau memperoleh juara. Setidaknya memperoleh pengalaman yang berarti bagi diri mereka sendiri dan pendidikan di Lampung. Kita berharap mereka mendapatkan itu semua,” doanya. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close