Humaniora

Penilaian Akhir Tahun di SMPN 7 Bandar Lampung Dimulai Baca Ayat Pendek Alquran

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Ujian Akhir Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019, jenjang SMP di Bandar Lampung memasuki hari pertama, Senin (20/5/2019).

Siswa dihari pertama ini mengerjakan soal ujian mata pelajaran Pendidikan Agama dan Bahasa Indonesia. Di SMPN 7 Bandar Lampung, sebelum mengikuti PAT, seluruh siswa kelas VII dan VIII diminta membaca ayat pendek Alquran.

Kepala sekolah setempat Hj. Nurmaini, M.Pd mengatakan, membaca ayat suci Alquran sebelum proses kegiatan belajar mengajar merupakan tradisi yang digalakkan sekolah terhadap siswa sejak lama.

Menurutnya, membaca ayat-ayat suci mampu meningkatkan konsentrasi dan ketenangan jiwa siswa dalam proses belajar, termasuk pelaksanaan PAT yang digelar pihaknya mulai hari ini hingga akhir pekan mendatang.

“Membaca Alquran sebelum proses belajar mengajar merupakan tradisi sekolah. Selain membuat hati tenang, membaca ini juga memperoleh Rahmat dan lindungan dari Allah,” ujar dia kepada smartnews.id, Senin.

Selama pelaksanaan PAT, menurutnya siswa membaca ayat pendek Alquran selama 15 menit atau dimulai pukul 07.15 – 07.30, setelah itu baru dilanjutkan mengerjakan soal-soal sesuai mata pelajaran yang diujikan.

“Yang pasti membaca ayat suci Alquran mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Bagi siswa beragama non-muslim, dipersilahkan berdoa sesuai agama yang dianutnya masing-masing,” ujar dia.

Dia menambahkan, di sekolahnya pada hari pertama pelaksanaan PAT berlangsung lancar tanpa menemui kendala yang berarti. Peserta ujian mengikuti dengan tenang hingga batas waktu yang ditentukan.

“Alhamdulilah ujian hari pertama PAT sukses. Siswa yang mengikutinya di sini sekitar 600 orang. Ujian yang digelar mulai pukul 07.30 – 09.00 dilanjutkan pukul 09.30 – 11.00, berjalan dengan lancar,” kata dia. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close