Humaniora

BAN S/M Lampung Visitasi ke SMPN 5 Guna Perpanjang Akreditasi

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN S/M) Provinsi Lampung, melakukan kunjungan atau visitasi, di SMPN 5 Bandar Lampung, Kamis (23/5/2019).

Visitasi dari BAN S/M dengan asesor Hisam, S.Pd., M.M dan Drs. Joni Riswan, M.Pd, guna mengklarifikasi, verifikasi dan validasi data serta informasi yang telah disampaikan sekolah melalui pengisian instrumen akreditasi.

Kepala sekolah setempat Elly Yanti, S.Pd., M.M.Pd mengatakan, kehadiran asesor BAN S/M di SMPN 5, guna mengetahui kelayakan sekolah melalui program yang dilaksanakan berdasar Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Hal itu dilakukan, terkait dengan proses perpanjangan akreditasi sekolah yang pada tahun ini akan berakhir. “Tim asesor ke sini untuk menilai kembali, guna perpanjangan akreditasi sekolah,” ujar dia kepada smartnews. Id, Kamis.

Asesor BAN S/M Lampung serta pihak SMPN 5 Bandar Lampung, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pada kegiatan visitasi akreditasi 2019.

Adapun yang dinilai asesor BAN S/M pada visitasi adalah 8 standar pendidikan, meliputi isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian.

Satu persatu standar tersebut, menurut dia dicocokkan asesor dengan informasi yang sebelumnya diberikan sekolah melalui pengisian instrumen akreditasi melalui dalam jaringan (daring) atau online, beberapa waktu lalu.

“Pihak asesor akan berada di sekolah selama dua hari. Mereka benar-benar menilai 8 standar pendidikan di sini, guna memastikan kelayakan sekolah untuk keperluan akreditasi sekolah,” ujar dia yang mengaku sekolahnya kini telah terakreditasi A itu.

Dia berharap, penilaian asesor BAN S/M memperoleh hasil maksimal, sehingga sekolahnya kembali terakreditasi A. Akreditasi unggul menurutnya, mampu meningkatkan kepercayaan sekolah di mata masyarakat.

“Sekolah yang terakreditasi unggul pastinya memiliki kualitas baik dari semua hal. Akreditasi merupakan garansi pendidikan terhadap masyarakat. Bila sekolah berkualitas, tentu output-nya pun demikian,” ujar dia.

Kemudian salah satu asesor BAN S/M menerangkan, visitasi ke SMPN 5 dilakukan, guna mengetahui kelayakan sekolah dilihat dari beberapa unsur terkait yang mengacu pada standar minimal beserta sejumlah indikator.

Menurut dia, hasil visitasi dihari pertama, indikator penilaian berdasar pencocokan data dan survei lapangan telah memenuhi standar yang diinginkan BAN S/M. Hasil tersebut akan menjadi referensi penilaian secara keseluruhan.

“Visitasi ini dilakukan setiap 5 tahun, guna perpanjang akreditasi sekolah yang masa berlakunya akan habis. Kami tadi telah lihat segi sarprasnya. Seperti kamar kecil, ternyata sangat baik, bahkan wanginya seperti di hotel berbintang,” kata dia. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close