Humaniora

Bangkit 2021 Jawab Tantangan Dunia Industri

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemdikbud, Aris Junaidi. DOK

SMARTNEWS.ID — Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menggandeng Google, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka menggelar Bangkit 2021 sebagai program Kampus Merdeka.

Bangkit sebagai bentuk studi independen merupakan program pelatihan berbasis teknologi digital bagi mahasiswa dalam menjawab tantangan dunia industri.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemdikbud, Aris Junaidi, mengatakan diperlukan penyesuaian pengetahuan serta kompetensi dalam menghadapi berbagai tantangan dan persaingan global. Inovasi di bidang sains dan teknologi mampu menjadi penggerak perubahan bangsa.

“Kemajuan teknologi yang berjalan cepat dan dinamis mendorong untuk menyesuaikan diri baik pengetahuan dan kompetensi untuk mampu bersaing dengan masyarakat global yang hampir tidak ada batasan,” kata Aris melalui siaran pers, Senin (11/1/2021).

Adapun bidang yang banyak diperlukan saat ini adalah machine learning dan data analytic. Namun, menurut Aris talenta ini masih minim dimiliki oleh generasi bangsa. Sehingga, melalui program Kampus Merdeka yang bekerja sama dengan Bangkit, diharapkan dapat menjadi wadah dalam mengasah kemampuan mahasiswa di bidang tersebut.

“Melalui semangat Kampus Merdeka dengan proyek mandiri atau studi independen, mahasiswa berkesempatan untuk mendapatkan kompetensi tambahan melalui pembelajaran dan pelatihan intensif selama satu semester dengan proyek nyata aplikasi teknologi machine learning di masyarakat,” kata Aris.

Dia menerangkan, melalui program Bangkit 2021 mahasiswa berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan di bidang teknologi digital dan proses pembelajarannya diakui setara 20 sks serta micro credential yang difasilitasi langsung oleh Bangkit.

“Melalui program ini diharapkan dapat lahir talenta-talenta digital dan inkubator-inkubator inovasi di bidang teknologi informasi di perguruan tinggi,” kata dia. (**)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close