Pendidikan

Daya Tampung PPDB SMP Negeri Bandar Lampung 2022 Mencapai 10.542 Siswa

ILUSTRASI SISWA SMP

SMARTNEWS.ID – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2022/2023 pada jenjang SMP negeri di Kota Bandar Lampung yang dimulai pada 4 Juli mendatang, akan dibuka melalui lima jalur pendaftaran.

Dari kelima jalur pendaftaran, meliputi zonasi regular, zonasi bina lingkungan atau afirmasi, perpindahan tugas orangtua, guru dan tenaga kependidikan, dan prestasi ini, SMP negeri se-Kota Bandar Lampung akan menerima 10.542 siswa baru.

“Daya tampung PPDB SMP negeri tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 10.542 siswa, itu tersebar di 45 SMP negeri se-Kota Bandar Lampung,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung Hj. Eka Afriana, S.Pd, Kamis (16/6/2022).

Menurut dia, jumlah daya tampung tersebut tidak sebanyak lulusan siswa SMP negeri pada tahun pelajaran 2021/2022 yang mencapai 11.786 siswa. Perhitungan daya tampung pada tahun ini menyesuaikan dengan kondisi ruang kelas pada masing-masing sekolah.

“Tahun ini terjadi penyusutan penerimaan siswa baru dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, melihat lulusan siswa SMP baik negeri dan swasta di tahun ini yang mencapai 16.270 siswa, artinya peluang SMP swasta mendapatkan siswa semakin besar,” tuturnya.

Dengan melihat lebih banyak jumlah lulusan SMP daripada daya tampung SMP negeri pada tahun ini, ia meminta kepada calon peserta didik tidak perlu khawatir. Sebab, jika tidak diterima di SMP negeri, masih banyak SMP swasta sebagai pilihan menempuh pendidikan.

“Antara SMP negeri dan SMP swasta tidak ada lagi perbedaan karena sama-sama bertujuan ingin mencerdaskan anak bangsa. Bahkan, banyak SMP swasta kini menjadi incaran calon peserta didik dibandingkan SMP negeri,” tutup dia. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close