Pendidikan

Disdikbud Lampung Pinta SMA/SMK Jeli Antispasi Kecurangan PPDB 2022

Sekretaris Disdikbud Lampung, Tommy Efra Hendarta (kanan), didampingi Kabid PSMA Diona Katharina, saat memberikan keterangan kepada awak media terkait PPDB SMA/SMK 2022, di Disdikbud Lampung, Kamis (16/6/2022). IST

SMARTNEWS.ID – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada jenjang SMA/SMK tahun pelajaran 2022/2023 di Provinsi Lampung, serentak dibuka pada 27-30 Juni mendatang.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung mengingatkan satuan pendidikan untuk jeli dalam mengantisipasi kecurangan yang dapat terjadi pada proses pendaftaran.

Sekretaris Disdikbud Lampung, Tommy Efra Hendarta, mengatakan kecurangan pada proses PPDB yang dimungkinkan dilakukan oleh oknum masyarakat dapat saja terjadi.

Untuk itu, pada proses verifikasi berkas calon peserta didik oleh panitia PPDB harus benar-benar dilakukan secara seksama, sehingga menghilangkan terjadinya kecurangan tersebut.

Salah satu contoh kecurangan yang bisa saja terjadi, yakni pada penerimaan melalui jalur prestasi. Jalur ini, calon peserta didik diminta melampirkan piagam atau sertifikat prestasi.

Piagam atau sertifikat yang didapat oleh peserta dalam mengikuti suatu perlombaan dan urutan juara dimanapun berada, hanya dikeluarkan masing-masing satu oleh pihak penyelenggara.

Bila ditemukan sertifikat ganda pada suatu perlombaan, maka panitia PPDB wajib meminta salinan sertifikat yang dilegalisir oleh penyelenggara perlombaan.

“Jangan sampai ada orang yang tidak pernah mengikuti perlombaan, namun ia memiliki sertifikat prestasi. Hal ini yang harus diperhatikan panitia dalam menghindari kecurangan,” katanya pada konfrensi pers tentang PPDB di Disdikbud Lampung, Kamis (16/6/2022).

Kepala Bidang Pembinaan SMA Disdikbud Diona Katharina, menambahkan pada PPDB pihaknya menggandeng PT Telkom Indonesia Tbk, sebagai penyedia jasa aplikasi PPDB.

Penggunaan aplikasi dari Telkom ini sebagai bentuk transparansi pada proses PPDB, sehingga dapat diketahui dan diikuti secara langsung oleh masyarakat Lampung.

Insyaallah pada pendaftaran PPDB tahun ini berlangsung aman, lancar, dan tanpa halangan. Termasuk server Telkom dapat bekerja secara maksimal tanpa gangguan,” tuturnya. (***)

Baca juga: PPDB 2022 Jenjang SMA/SMK di Lampung Siapkan 77.082 Kursi

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close