Humaniora

Disdikbud Bandar Lampung Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Aplikasi RKAS BOS

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung, menggelar pelatihan kepemimpinan dan aplikasi RKAS BOS tahun 2019, di Hotel Horison Bandar Lampung, Jumat dan Sabtu (3-4/5/2019).

Kegiatan yang diikuti sekitar 500 orang terdiri atas operator, bendahara, dan kepala sekolah pada SD dan SMP negeri dan swasta, itu dibuka oleh Kepala Disdikbud Bandar Lampung Ir. Daniel Marsudi, Jumat.

Sekitar 500 orang terdiri atas operator, bendahara, dan kepala sekolah pada SD dan SMP negeri dan swasta, saat mengikuti pelatihan kepemimpinan dan aplikasi RKAS BOS tahun 2019.

Kepala dinas dalam arahannya mengatakan, pelatihan kepemimpinan dan aplikasi ini bertujuan memberikan pengetahuan terkait petunjuk pelaksanaan teknis penggunaan BOS pada satuan pendidikan 2019.

Di era globalisasi seperti saat ini, sekolah dituntut untuk transparan dalam mengelola keuangan. Kepala sekolah sebagai manager sekolah, penting mengawasi hal itu, agar pelaksanaan penggunaan BOS sesuai peruntukannya.

Kepala Disdikbud Bandar Lampung Ir. Daniel Marsudi (tengah) didampingi Sekretaris Eka Afriana, S.Pd., M.Si (empat kiri), Kabid Dikdas Mega Puri, S.Pd., M.M (tiga kanan), dan Korwas Sekolah Drs. Suwandi Umar, M.Pd (empat kanan) berfoto bersama perwakilan peserta pelatihan.

“Kepala sekolah mempunyai tanggungjawab besar dalam pengelolaan BOS, dan jangan sampai tidak mengetahuinya. Karena BOS itu untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah,” ujar dia.

Melalui pelatihan ini, menurut dia lebih memotivasi dan meningkatkan profesionalisme kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. “Mari kita jadikan negara kita semakin besar dengan membangun sumber daya manusia unggul dan produktif,” kata dia.

Sekretaris Disdikbud Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd., M.Si (kanan), saat memberi materi kepada peserta pelatihan kepemimpinan dan aplikasi RKAS BOS tahun 2019.

Sementara Sekretaris Eka Afriana, S.Pd., M.Si menerangkan, kepala sekolah bertindak sebagai manager, supervisor, dan entrepreneur. Oleh sebab itu, kepala sekolah wajib merencanakan program kerja berkualitas guna peningkatan mutu pendidikan.

“Kepala sekolah adalah orang-orang pilihan dan terbaik dari yang terbaik. Kami meminta dalam melaksanakan kerja, harus sesuai aturan yang ada. Mari sama-sama kita ciptakan pendidikan di Bandar Lampung semakin baik, supaya menjadi cermin bagi daerah lain,” kata dia.

Kabid Dikdas Mega Puri, S.Pd., M.M (empat kanan) didampingi Kasubbag Keuangan dan Aset Siti Markamah, S.E., M.M (empat kiri), berfoto bersama panitia pelatihan kepemimpinan dan aplikasi RKAS BOS tahun 2019.

Turut hadir pada pembukaan pelatihan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M, Kasubbag Keuangan dan Aset Siti Markamah, S.E., M.M, Ketua MKKS SMP Dr. M Badrun, M.Ag, dan Ketua K3S SD Dra. Ratna Aini, M.Pd. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close