Bandar Lampung

Disdikbud Bandar Lampung Gelar Sosialisasi Pengelolaan Asesmen Kompetensi Sekolah Dasar

Mendukung Pelaksanaan ANBK 2021

Plt. Kepala Disdikbud Bandar Lampung Hj. Eka Afriana, S.Pd, saat memberikan pengarahan pada kegiatan sosialisasi Pengelolaan Asesmen Kompetensi Sekolah Dasar (SD), di Begadang Resto Convention Hall, Bandar Lampung, Selasa (26/10/2021). ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung melakukan sosialisasi Pengelolaan Asesmen Kompetensi Sekolah Dasar (SD) Tahun 2021, di Begadang Resto Convention Hall, Bandar Lampung, Selasa (26/10/2021).

Kegiatan untuk mendukung pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SD yang akan dilakukan pada pertengahan November mendatang, ini dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd.

Eka Afriana mengatakan, ANBK merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, guna menilai mutu satuan pendidikan berdasar hasil belajar peserta didik dari literasi, numerasi, dan karakter. Serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Plt. Kepala Disdikbud Bandar Lampung Hj. Eka Afriana, S.Pd, didampingi Kabid Pendidikan Dasar Hj. Mega Puri, S.Pd., M.M, mengabadikan momen bersama peserta sosialisasi Pengelolaan Asesmen Kompetensi Sekolah Dasar (SD), di Begadang Resto Convention Hall, Bandar Lampung, Selasa (26/10/2021). ISTIMEWA

Menurutnya, asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar mengajar pada satuan pendidikan yang nantinya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

“Asesmen ini sudah dicanangkan sejak tahun lalu oleh Kemendikbudristek, namun baru terlaksana pada tahun ini. Untuk itu kita harus siap melaksanakannya,” ujar Eka Afriana yang didampingi Kabid Pendidikan Dasar Hj. Mega Puri, S.Pd., M.M itu.

Dia mengatakan, program ANBK dapat menguntungkan satuan pendidikan. Sebab, selain dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online, penilaian asesmen juga akan dilakukan langsung oleh Kemendikbudristek.

“Penilaian asesmen bukan lagi dari dinas pendidikan, namun dari kementerian. Semakin berprestasi dan baik, maka sekolah semakin beruntung karena ke depan bisa mendapat bantuan dari pemerintah,” katanya.

Selain peserta didik, katanya asesmen juga dilakukan terhadap seluruh pendidik di satuan pendidikan. “Kalau siswa baik itu berarti dampak dari gurunya, kalau gurunya baik itu dampak dari kepala sekolahnya,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Bandar Lampung Joko Purwanto, M.Pd mengatakan, sosialisasi Pengelolaan Asesmen Kompetensi yang diikuti 40 kepala SD negeri dan swasta di Bandar Lampung guna mendukung pelaksanaan ANBK.

“Harapan kita semua sekolah bisa melaksanakan ANBK dengan baik pada tahun ini. Tentunya juga dengan penguasaan teknologi dan informasi,” ujarnya yang juga Kepala SDN 2 Rawalaut Bandar Lampung itu.

Pada sosialisasi tersebut, katanya, peserta akan diberikan materi diantaranya tentang pengelolaan anggaran dan pelaksanaan ANBK yang disampaikan oleh Pengawas SD Disdikbud Bandar Lampung Dra. Maryani Nurtejaningsih, M.H dan Kepala SDN 1 Langkapura Kusrina, M.Pd.

“Selain itu, masih banyak hal yang bisa didapat kepala sekolah pada sosialisasi ini karena kegiatan ini akan berlangsung interaktif,” katanya yang diamini Ketua K3S SD yang juga Kepala SDN 1 Perumnas Wayhalim Permai, Rita Gustiana, S.Pd.

Diketahui, pelaksanaan ANBK jenjang SD di Bandar Lampung pada 2021 yang diikuti peserta didik kelas 5, akan dilakukan dua gelombang. Gelombang pertama pada 15 – 18 November, sedangkan gelombang kedua pada 22 – 25 November. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close