Humaniora

Disdikbud Lampung Pastikan UNBK SMA/MA 2019 Berjalan Lancar

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Sebanyak 64.654 siswa berasal dari 787 SMA/MA di Lampung, serentak akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2018/2019, mulai Senin (1/4) hingga Senin (8/4) atau selama empat hari.

UNBK yang dalam setiap harinya terbagi atas tiga sesi, yakni pukul 07.30 – 09.30, pukul 10.30 – 12.30, dan pukul 14.00 – 16.00, peserta akan mengerjakan soal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional yang dirancang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Dinas pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, selaku penanggung jawab ujian nasional tingkat SMA/MA di Lampung, memastikan bahwa UNBK tahun ini telah siap dan berjalan lancar, sehingga pelaksanaan ujian diharapkan sesuai rencana.

“Insya Allah UNBK tahun ini berjalan baik dan lancar. Lampung merupakan daerah yang diacungi jempol oleh provinsi lain, karena sanggup melaksanakan UNBK 100 persen pada jenjang SMA sederajat,” ujar Kepala Disdikbud Lampung, Drs. Sulpakar, M.M, kepada smartnews.id, di ruang kerjanya, Jumat (29/3/2019).

Guna mengantisipasi terjadinya gangguan pada pelaksanaan UNBK, menurut dia sejumlah persiapan telah dilakukan, seperti menyurati PT. PLN (Persero) untuk tidak memadamkan listrik selama ujian, setiap sekolah menyiapkan mesin genset, dan rutin melakukan pemeliharaan terhadap server, jaringan, dan unit komputer.

“Kita sama-sama berdoa, agar apa yang telah dilakuan panitia UNBK tahun ini dapat terlaksana dengan baik. Termasuk sekolah menyiapkan server cadangan dan mesin genset guna mengatisipasi bila terjadi listrik dari PLN padam,” kata dia.

Dijelaskannya, peserta yang mengikuti UNBK SMA/MA tahun ini berjumlah 64.654 siswa berasal dari 787 SMA/MA, tersebar di 15 Kabupaten/ Kota di Lampung. Secara perinci peserta laki-laki sebanyak 28.313 siswa dan perempuan sebanyak 36.341 siswa.

Adapun waktu pelaksanaan UNBK menurutnya ialah pada hari pertama, Senin (1/4) siswa mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa (2/4) Matematika, Kamis (4/4) Bahasa Inggris, dan Senin (8/4) mata pelajaran Jurusan.

“Untuk di hari terakhir pelaksanaan UNBK, peserta yang mengikuti ujian bergantung jurusan dipilihnya saat di sekolah, seperti Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Bahasa, dan Keagamaan,” kata dia.

Dia berharap, selama pelaksanaan ujian peserta dapat melaksanakan dengan baik dan benar sesuai tata tertib ujian, serta memperoleh hasil yang memuaskan. “Kita berharap semua peserta ujian mengikutinya dengan baik, kendati hasil ujian nasional bukanlah sebagai standar kelulusan,” kata dia. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close