Bandar Lampung

Disdikbud Sosialisasi Penggunaan Dana BOS 2022

Diikuti SMP Swasta Se-Bandar Lampung

Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd (berdiri), memberikan arahan kepada bendahara dan kepala SMP swasta se-Bandar Lampung, pada sosialisasi penggunaan dana BOS 2022, di SMPN 16 Bandar Lampung, Selasa (29/3/2022). ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung melakukan sosialisasi penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2022, kepada SMP swasta se-Kota Bandar Lampung, di SMPN 16 Bandar Lampung, Selasa (29/3/2022).

Kegiatan dengan menghadirkan nara sumber dari Inspektorat Bandar Lampung dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandar Lampung, ini dibuka oleh Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd.

“Sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman yang benar kepada peserta tentang pengelolaan dana BOS, sesuai petunjuk teknis yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” ujar kepala Disdikbud.

Menurutnya, penggunaan dana BOS ini harus dipertanggungjawabkan sesuai peruntukannya. Sekolah juga wajib melaporkan kepada pihak-pihak baik secara online maupun offline. “Pelaporan online itu melalui aplikasi Kemendikburistek dan offline kepada dinas,” ujarnya.

Di sana ia juga mengingatkan kepala sekolah untuk tidak menggunakan dana BOS di luar konteks juknis. Bila itu dilakukan, dapat menjadi persoalan di kemudian hari. “Saya harap kepala sekolah dan bendahara BOS dapat sejalan dalam mengelola dana tersebut,” katanya.

Sementara, Ketua Forum Kepala SMP Swasta Bandar Lampung Drs. Hi. A Zainudin YS, M.T.I, menjelaskan penggunaan dana BOS harus dilakukan secara transparan oleh pihak sekolah. Katanya, itu untuk memudahkan dalam melakukan pertanggungjawaban.

“Intinya dalam mengelola dana BOS harus sesuai dengan juknisnya,” katanya. “Sosialisasi ini juga untuk menyamakan persepsi tentang pengelolaan dana BOS di sekolah,” sambung Wakil Ketua I MKKS SMP Bandar Lampung ini.

Diketahui, pada sosialisasi dana BOS 2022, ini turut dihadiri Kepala Seksi Kelembagaan dan Kepala Seksi Pembinaan Seni dan Budaya Disdikbud Bandar Lampung, Mulyadi Syukri, S.Sos dan Astuti Diana, S.E., M.M. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close