Pendidikan

Pasmansix SMAN 6 Metro Garda Terdepan Penjaga Lingkungan Sekolah

Pasmansix SMAN 6 Metro saat mengikuti Diklatsar angkatan I. DOK SMAN 6 METRO

SMARTNEWS.ID – Anggota Pencinta Alam SMA Negeri 6 Metro (Pasmansix) telah mengikuti pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) Angkatan I, di sekolah setempat, pada 26-27 Maret 2022.

Diklatsar mengusung tema Mewujudkan Pasmansix Berkarakter melalui Implementasi Nilai-nilai Kode Etik Pencinta Alam, menghasilkan peserta didik terampil dan bertanggung jawab.

Kepala SMAN 6 Metro, Sunarti, M.Pd, mengatakan Diklatsar diikuti 34 calon anggota muda Pasmansix merupakan ekstrakurikuler positif guna meningkatkan pengetahuan siswa.

Pasmansix katanya menjadi garda terdepan dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih, bebas sampah, serta berperan aktif dalam kegiatan konservasi eksitu Taman Rusa Timor (Rusa timorensis) SMAN 6 Metro.

Pada Diklatsar, peserta diberikan materi tentang keorganisasian, lingkungan, mountaineering, survival, navigasi darat, bivak, P3K dan dasar-dasar berkemah.

“Kegiatan dilaksanakan di dua tempat, pertama di ruangan yakni pembekalan materi teori, dan kedua di luar ruangan yakni praktik terkait kegiatan penjelajahan alam,” ujar dia, Selasa (29/3/2022).

Menurut dia, Diklatsar dengan pemateri dari Pencinta Alam SMAN 2 Bandar Lampung dan Capung Outbound and Adventure, antusias diikuti peserta. “Kegiatan ini merupakan hal pertama di SMAN 6 Metro,” ujarnya.

Ia berharap perserta telah mengikuti kegiatan dapat menjadi anggota Pasmansix yang disiplin, bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan, selalu kompak antaranggota dan aktif dalam kegiatan konservasi alam.

“Ini harapan kami terhadap seluruh anggota Pasmansix yang telah dilantik,” ujarnya yang didampingi Pembina Pencinta Alam, W.F. Novitasari, S.Si., M.Pd ini. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close