Pendidikan

Gelar Karya P5 SMPN 15 Bandar Lampung Perkenalkan Keragaman Nusantara

ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – SMPN 15 Bandar Lampung melakukan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), di sekolah setempat, Kamis, 15 Juni 2023.

Gelar karya mengusung tema Bhineka Tunggal Ika: Ragam Budaya Indonesia, ini merupakan implementasi dari hasil pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Kepala SMPN 15 Bandar Lampung, Mulyadi, S.Pd, mengatakan gelar karya yang diikuti seluruh siswa kelas 7 ini merupakan puncak dari P5.

Kegiatan ini, siswa mengimplementasikan ide dan inovasi yang telah dikembangkan sesuai kelompoknya masing-masing guna memperkenalkan keragaman nusantara melalui kesenian dan makanan nasional.

“Melakukan gelar karya P5 ini supaya anak-anak juga kenal dengan seni dan budaya serta makanan dari daerah lain yang ada di Indonesia,” ujar dia.

Dalam proses kegiatan gelar karya ini, katanya, para siswa dibimbing langsung oleh sejumlah guru sebagai fasilitator. “Per kelas ada tiga guru sebagai fasilitatornya,” ujar dia.

Menurutnya, gelar karya kali ini dengan mengusung tema Bhineka Tunggal Ika, merupakan gelar karya yang ketiga selama tahun ajaran 2022/2023.

“Untuk yang pertama dan kedua, gelar karya yang sudah dilakukan pada semeter lalu mengusung tema Makanan Tradisiku dan Sampahku Tanggungjawabku,” kata Mulyadi.

Sementara Pengawas Pembina SMPN 15 Bandar Lampung, Sismiati, M.Pd, mengapresiasi gelar karya yang dilakukan SMPN 15 Bandar Lampung.

Katanya, gelar karya yang ditampilkan oleh para siswa ini mampu tampil hebat dengan mengeksplor minat dan bakat yang dimiliki para siswa.

“Saya sebagai pengawas pembina sekolah sangat bangga apa yang sudah ditampilkan oleh para siswa di bawah kepemimpinan Bapak Mulyadi,” ujarnya.

Ia berharap, gelar karya sebagai bentuk implementasi Kurikulum Merdeka ini bisa menjadi salah satu contoh bagi sekolah lain untuk melaksanakan hal serupa.

“Saya berharap gelar karya di sekolah ini ke depan akan lebih meriah lagi,” ujar dia yang mewakili pengawas sekolah Disdikbud Bandar Lampung itu.

Diketahui, gelar karya itu juga turut dihadiri Kepala SMPN 3 Bandar Lampung, Nasib Utomo, M.Pd, perwakilan SMPN 19 dan SMPN 25, serta komite sekolah. (***)

Penampilan Seni Siswa:

1. Tari Sigeh Penguten dari Sanggar Seni Seandanan
2. Pencak silat
3. Tari Indang
4. Persembahan lagu Cublak-cublak Suweng
5. Tari Ya Saman
6. Tari Manuk Dadali
7. Tari Zapin Lampung
8. Tari Apuse
9. Tari Zapin Melayu
10. Tari Perahu Layar
11. Pencak Silat Kreasi
12. Sejumlah produk makanan dan minuman khas nusantara

Sumber: SMPN 15 Bandar Lampung

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close