Bandar Lampung

Hari Pertama Kerja Wali Kota Eva Dwiana Launching Kampung Tangguh Nusantara

Wali Kota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana (dua kiri), saat meluncurkan ‘Kampung Tangguh,’ di Kelurahan Durian Payung, Kecamatan Tanjungkarang Pusat. IST

SMARTNEWS.ID — Sehari pasca-dilantik sebagai Wali Kota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana, meluncurkan ‘Kampung Tangguh,’ di Kelurahan Durian Payung, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Sabtu (27/2/2021).

Peluncuran kampung tangguh sebagai upaya menangani penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kota Tapis Berseri, merupakan salah satu program Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Wali Kota Eva Dwiana mengatakan, kampung tangguh merupakan program pemerintah kota yang bertujuan mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya arti kesehatan, terlebih di tengah pandemi Covid-19.

Menurutnya, setiap kampung tangguh akan memiliki posko satuan tugas penanganan Covid-19, sebagai bentuk pengawasan terhadap kesehatan di masyarakat.

“Dalam pencegahan penyakit, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri melainkan bersama-sama dengan masyarakat. Inilah pentingnya kampung tangguh dalam mencegah itu,” katanya.

Mendukung upaya tersebut, lanjut dia, tim satgas di tingkat kelurahan akan melibatkan RT/RW serta pihak keamanan setempat. “Kami akan mengajak RT sebagai Satgas dan warga sebagai anggotanya,” ujar dia.

Selain itu, katanya, setiap posko juga akan disiapkan tempat isolasi mandiri bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Hal itu diharapkan bisa memutuskan rantai penularan,” terangnya.

Diketahui, peluncuran kampung tangguh akan dilakukan bertahap di 126 kelurahan. Kampung tangguh yang telah diresmikan di tingkat kelurahan diantaranya Gulak-galik, Pinang Jaya, dan Rawa Laut.

“Bandar Lampung sudah turun menjadi zona oranye, jangan sampai ke zona merah. Inilah peran kampung tangguh dalam menuruni itu,” ujar istri mantan Wali Kota Herman HN itu. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close