Humaniora

Hingga Hari Ke-2, PTM Terbatas SMA di Bandar Lampung Belum Ada Kendala

Kepala SMAN 2 Bandar Lampung, Hendra Putra, M.Pd, saat diwawancarai awak media terkait PTM terbatas, di sekolahnya, Selasa (14/9/2021). SMARTNEWS.ID

SMARTNEWS.ID – Simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas jenjang SMA/SMK di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, memasuki hari kedua, Selasa, 14 September 2021. Hingga hari tersebut, pelaksanaan PTM masih berlangsung lancar.

“Sepanjang dari kemarin hingga hari ini, belum ada sekolah yang melaporkan kepada kami adanya kendala disaat berlangsungnya PTM terbatas,” ujar Wakil Ketua MKKS SMA Lampung, Hendra Putra, M.Pd, Selasa (14/9/2021).

PTM terbatas di masa pandemi yang berpedoman pada standar operasional prosedur (SOP) dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kata dia, sementara waktu baru diikuti oleh seluruh SMA negeri dan 11 SMA swasta.

“Mengenai sejumlah sekolah di Bandar Lampung yang telah menggelar PTM ini sudah ada kesepakatan dengan Disdikbud Lampung. Sekolah-sekolah lain akan segera menyusul pada 20 September atau pekan depan,” ujar Kepala SMAN 2 Bandar Lampung itu.

Blended Learning Sinkron

Lebih lajut ia mengatakan, bahwa PTM terbatas di tempatnya dilakukan dengan model pembelajaran Blended Learning Sinkron atau pembelajaran campuran antara luar jaringan dan dalam jaringan yang dilakukan secara bersama-sama.

Meski ada siswa yang mengikuti pembelajaran daring dari rumah, namun kata dia, pada model pembelajaran ini siswa dapat melihat aktivitas yang dilakukan guru di kelas, baik penjelasan, suara, dan lain-lain.

“Siswa yang di rumah juga bisa bertegur sapa dengan teman-temannya yang berada sekolah, caranya cukup memutarkan kamera yang dipakai guru dan teman-teman di kelas, mereka sudah bisa berinteraksi,” ujar dia.

Menurut dia, PTM terbatas dengan menerapkan daftar hadir ganjil genap yang diikuti siswa kelas 10, 11, dan 12, ini mendapatkan respons positif dari siswa. “Luar biasa antusiasme siswa saat mengikuti PTM, sebab mereka sudah belajar dari rumah selama 1,5 tahun,” kata dia. (YUS)

Salah satu guru SMAN 2 Bandar Lampung, sedang memberikan pembelajaran terhadap siswa di sekolah setempat, Senin (14/9/2021). Di sekolah tersebut, sekolah menerapkan pembelajaran Blended Learning Sinkron.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close