Humaniora

Itera Miliki 14 Purino Big Data


SMARTNEWS.ID — Kepala Lembaga Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penjaminan Mutu (LP3) Itera, Acep Purqon, Ph.D, menyampaikan saat ini Institut Teknologi Sumatera (Itera) memiliki 14 Pusat Riset dan Inovasi (Purino) di bawah LP3, salah satunya adalah Purino Big Data.

Hal itu dikatakan Acep Purqon saat mengikuti seminar secara dalam jaringan (daring) atau online  bertema How to use big data for your business yang digelar Pusat Riset dan Inovasi Big Data Itera, Selasa (24/11/2020).

Menurut dia, pusat riset tersebut didirikan untuk menyikapi kebutuhan dan perkembangan teknologi di Sumatera dan mempercepat pertumbuhan titik-titik ekonomi baru dan sejalan dengan dibukanya Prodi Sains Data pertama di Sumatera, di Itera.

“Pemanfaatan big data ini menjadi nilai tambah untuk perusahaan maupun UMKM agar mendapatkan keuntungan sendiri dari pemanfaatan data tersebut. Big Data sangat bermanfaat terutama untuk startup dan technopreneur,” kata Acep.

Menurut Acep Purqon yang juga saat ini menjabat Koordinator Prodi Sains Data, dengan teknologi dan banyaknya sumber data, tatanan dunia akan terus berubah dalam beberapa tahun ke depan.

Maka masyarakat perlu mempersiapkan diri dalam perubahan tersebut. “Untuk itu Purino Big Data Itera terbuka untuk berkolaborasi menghadapi perubahan tersebut,” kata dia.

Diketahaui pada seminar mengundang dua nara sumber yaitu Trainer dari Inixindo, Myrna Ermawati, S.Kom., M.Kom, serta Dosen Universitas Airlangga sekalligus Head of Clinical and Manufacturing Decision-Making Research Group Yutika Amelia Effendi, S.Kom., M.Kom., MCE. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close