Humaniora

Kemdikbud Support Pembangunan SLB di Pesbar

Kepala Disdikbud Lampung, Sulpakar. (Foto: Dok)

SMARTNEWS.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, telah mengusulkan pembangunan sekolah luar biasa (SLB) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Usulan SLB yang akan dibangun di Pekon Biha, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, itu mendapat support atau dukungan penuh dari Kemdikbud RI.

Hal itu terungkap, saat Kepala Bidang Pembinaan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Disdikbud, Diona Katharina, melakukan konferensi video bersama Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Sarana Prasarana Kemdikbud, Maratul Fadhilah, Senin (27/7/2020).

Saat konferensi video yang melalui aplikasi zoom, itu terdengar bahwa pihak Kemdikbud segera menindaklanjuti permohonan Disdikbud tersebut dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat Lampung.

Kabid PKLK Diona Katharina mengatakan, mengusulkan pembangunan SLB di Pesbar ke Kemdikbud karena di wilayah tersebut hingga kini belum memiliki SLB

Menurutnya, SLB tersebut sangat ditunggu dan dibutuhkan, mengingat di sana terdapat masyarakat yang membutuhkan sekolah bagi anak berkebutuhan khusus (ABK).

“Berdasar data yang kami terima, ada sekitar 30 ABK yang perlu mendapat perhatian khusus dalam memperoleh pendidikan di sana,” ujar dia usai konferensi video, di kantornya, Senin.

Berkaitan dengan konferensi video, menurutnya, pihak Kemdikbud ingin mendengarkan secara langsung paparan rencana pembangunan yang telah diusulkan Disdikbud Lampung.

“Tidak hanya Lampung, paparan itu juga dilakuan oleh perwakilan Disdikbud Bengkulu dan NTT. Selain Lampung, kedua provinsi itu juga akan mendapat bantuan pembangunan SLB,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar menerangkan, untuk membangun SLB di Pesbar pihaknya telah meyiapkan anggaran senilai Rp2,8 miliar.

Menurutnya, SLB tersebut akan didirikan pada lahan milik BPKAD yang saat ini digunakan sebagai lahan pertanian oleh Dinas Pertanian Lampung. “Lahan untuk pembanguan SLB, itu seluas 1 herktare,” kata dia. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close