Humaniora

Pasien Sembuh Covid-19 di Lampung Tambah Empat

SMARTNEWS.ID — Dinas Kesehatan Provinsi Lampung kembali merilis data terbaru orang dalam pemantaun (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), orang positif, dan orang negatif virus corona (Covid-19) yang tersebar pada kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, Sabtu (16/5/2020).

Dalam data tersebut, dinas setempat mencatat 3.103 ODP di Lampung. Sementara, 98 masih dalam proses pemantauan. Sedangkan 3.002 lainnya, selesai dalam pemantauan selama 14 hari dan 3 ODP lainnya dinyatakan meninggal dunia.

Setelah sepekan ini, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 terbaru tidak ada penambahan. Hingga kini, masih terdapat 66 yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dalam data terbaru, terdapat penambahan empat pasien sembuh dari Covid-19. Sebelumnya terdapat 22 orang yang dinyatakan sembuh, kali ini terdapat 26 pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Dengan demikian, total data pasien yang terkonfirmasi positif dinyatakan meninggal dunia lima orang, 26 dinyatakan sembuh. Sedangkan 35 pasien lainnya dalam perawatan dan diisolasi di rumah sakit yang menjadi rujukan Covid-19.

Selain itu, dinas juga merilis data terbaru PDP di Lampung. Hingga hari ini terdapat 95 orang. Total PDP yang dirilis sekitar 16 orang yang dirawat dan diisolasi di rumah sakit. Sedangkan 62 PDP lainnya, dinyatakan negatif, sembuh, dan diperbolehkan pulang. Sedangkan 17 PDP dinyatakan meninggal dunia.

Tes Swab Tunjukkan Hasil Negatif

Dinas Kesehatan Lampung mengumumkan sebanyak 13 swab, yang sebelumnya telah diuji dengan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Lampung, sebagian besar hasilnya adalah negatif Virus Corona (Covid-19).

Kepala diinas setempat Reihana mengatakan, dari 23 sampel swab yang sebelumnya telah diuji di Labkesda Lampung, hingga saat ini total baru ada 13 yang telah mendapatkan hasil dan dinyatakan negatif.

“Total dari 23 swab yang diperiksa di Labkesda Provinsi Lampung dengan PCR, 13 hasilnya telah keluar dengan hasil negatif Covid-19. Adapun hasil swab yang telah keluar hasilnya ini, merupakan pasien yang berada di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH) Kotabaru Lampung Selatan,” kata dia, Sabtu (16/5/2020).

Adapun dari 13 swab yang telah keluar hasilnya ini, merupakan pasien yang sebelumnya sudah terkonfirmasi positif Covid-19, selain yang dirawat di RSBNH Kotabaru Lampung Selatan, serta pasien dari Tulangbawang Barat.

“Itu merupakan hasil dari pasien positif, yang dilakukan sampel ulang. Dimana empat diantaranya berasal dari Tulangbawang Barat. Adapun tiga diantaranya, hasilnya sudah dua kali dinyatakan negatif,” tutup dia. (LPR)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close