Humaniora

Kemdikbud Uji Coba Model Diversifikasi Kurikulum di Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemdikbud, melakukan uji coba model pengembangan diversifikasi kurikulum satuan pendidikan, Kamis (28/11/2019).

Uji coba model yang dilakuan di Begadang Resto Convention Hall Bandar Lampung, diikuti Kepala SD, SMP, SMA/SMK, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Komisi IV DPRD, serta Sekretariat Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Hadir mewakili Badan Penelitian Pengembangan Kemdikbud pada uji coba yakni, Peneliti Ahli Muda Maria Listiyanti, Perekayasa Ahli Muda Noorman Priowicaksono, dan Peneliti Ahli Utama Apriyanti Wulandari.

Apriyanti Wulandari dihadapan peserta mengatakan, diversifikasi ini dilakukan menindaklanjuti hasil riset pengembangan model kurikulum disatuan pendidikan antara kebutuhan dan kesenjangan koordinasi pusat dan daerah.

Hasil pendampingan riset di satuan pendidikan, diversifikasi model kurikulum menurutnya masih belum berjalan sesuai yang diharapkan. Akibatnya, karakteristik model kurikulum pada satuan pendidikan di daerah belum diketahui.

Kabid Dikdas Disdikbud Bandar Lampung Mega Puri, S.Pd., M.M (pegang mik), saat membuka uji coba model pengembangan diversifikasi kurikulum satuan pendidikan.

Menurutnya, terdapat sejumlah masalah yang melatarbelakangi belum berjalannya model kurikulum di satuan pendidikan, salah satunya adalah kurangnya dukungan dari pemerintah daerah setempat.

“Hasil pendampingan riset yang kami lakukan, belum berjalannya diversifikasi model kurikulum di sekolah, karena kurangnya dukungan dari pemerintah daerah. Ini yang menjadi persoalannya,” papar dia.

Masalah lain menurut dia, yaitu menyangkut program prioritas pembangunan pemerataan layanan pendidikan bermutu yang dilakuan pemerintah daerah. “Masalah ini merupakan hasil temuan Bappenas tahun lalu,” ujarnya.

Usai paparkan hasil penelitian dari pihak Kemdikbud, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi oleh peserta. Hingga berita ini diturunkan, uji coba diversifikasi kurikulum satuan pendidikan, masih berlangsung.

Sebelumnya, uji coba diversifikasi ini dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung Mega Puri, S.Pd., M.M dengan didampingi Kepala Seksi Kurikulum Suharsono, S.Sos. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close