Perguruan Tinggi

Launching PMB 2024, Rektor: Unila Berkomitmen Bersih dan Proaktif

ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Universitas Lampung (Unila) berkomitmen kuat dalam penyelenggaraan proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) pada tahun akademik 2024/2025, dilaksanakan secara bersih dan proaktif.

Komitmen itu disampaikan Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN., Eng, saat melaunching dan sosialisasi PMB Tahun 2024, di Gedung Serbaguna (GSG) Unila, pada Selasa, 6 Februari 2024.

Upaya untuk bersih dan proaktif yang merupakan singkatan dari professional, akuntabel, transparan dan informatif, guna meningkatkan kualitas proses seleksi PMB yang sesuai dengan prinsip-prinsip telah dituangkan dalam regulasi.

“Bentuk komitmen Unila ini adalah upaya memberikan kesempatan yang sama bagi siswa khususnya di Provinsi Lampung untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi yang diinginkan,” kata dia.

Pendidikan tinggi katanya merupakan kunci utama dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Melalui pendidikan, mampu membuka pintu untuk inovasi, penelitian, dan pengembangan keterampilan yang esensial.

“Universitas bukan hanya tempat memperoleh ilmu, tetapi juga wadah untuk mengasah bakat, melatih pemikiran kritis, dan mempersiapkan pemimpin masa depan di setiap daerah di Indonesia,” kata dia.

Menurut dia, setiap masyarakat di Provinsi Lampung memiliki akses, potensi dan peluang yang sama untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, baik yang berasal dari daerah maupun yang ada di kota besar.

Sebagai bagian dari komitmen tersebut, ujar rektor perempuan pertama di Unila itu, akses pendidikan tinggi dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di Provinsi Lampung dan provinsi lain di sekitar Lampung.

“Maka Unila telah mengambil berbagai langkah-langkah strategis untuk meningkatkan akses tersebut diantaranya dengan kegiatan sosialisasi dan promosi yang telah kami lakukan sejak Januari 2024 sampai saat ini,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng., Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., menyampaikan bahwa total kuota daya tampung Unila untuk jenjang sarjana (S-1) dan vokasi (D-3) tahun ini sebesar 9.815 calon mahasiswa.

Kuota ini terbagi menjadi 26,60 persen untuk jalur SNBP, 54,47 persen untuk jalur SNBT, dan 18,93 persen untuk jalur Mandiri. Pembagian kuota sudah memenuhi regulasi dan tersebar pada 66 program studi jenjang S-1 dan 13 program studi jenjang diploma.

Seperti diketahui pada launching PMB Unila 2024 itu diikuti kepala sekolah serta pelajar SMA/SMK di Lampung, sejumlah pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, serta pejabat Unila. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close