Humaniora

Lestarikan Budaya Lampung, Unila Gelar Semnas Eksplorasi Seni

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si, saat membuka seminar nasional bertajuk “Eksplorasi Seni Budaya Lampung dalam Bingkai Keberagaman dan Kebinekaan. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID — Pusat Penelitian Budaya Lampung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung, menggelar seminar nasional bertajuk “Eksplorasi Seni Budaya Lampung dalam Bingkai Keberagaman dan Kebinekaan”. Kegiatan yang dihadiri 40 peserta ini diadakan di ruang pertemuan Hotel Emersia, Selasa (27/10/2020).

Ketua LPPM Unila Dr. Lusmeilia Afriani, D.E.A, saat menyampaikan laporan mengatakan, kegiatan ini salah satu implementasi komitmen Unila melestarikan budaya Lampung agar makin dikenal di kancah nasional dan dunia.

Penyelenggara seminar nasional menghadirkan enam nara sumber antara lain Prof. Dr. Karomani, M.Si sebagai Ketua Ikadbudi Provinsi Lampung, Margaret J. Kartomi dari Monash University, Dr. Munawar Holil dari Ilmu Sastra FIB Universitas Indonesia, Heni Astuti, M.I.P dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Dr. Eng. Admi Syarief pemerhati Budaya Lampung, dan Ir. Ansori Djausal, M.T selaku tokoh adat masyarakat Lampung.

Selain offline, kegiatan digelar secara online via Zoom dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 378 orang. Peserta berasal dari Australia, Yogyakarta, Bali, Malang, dan 16 provinsi lainnya.

Saat membuka kegiatan Rektor Unila Prof. Karomani mengatakan, globalisasi adalah proses mendunia yang menyediakan kesempatan bagi setiap orang untuk dapat mengakses apapun melalui media.

Jika tidak difilter dengan baik, maka kearifan lokal akan terkikis secara perlahan. Bahkan bisa memunculkan kekhawatiran sebab mengancam eksistensi budaya warisan leluhur yang berpotensi sebagai filter positif dalam menghadapi era globalisasi.

Orang nomor satu di Unila ini menuturkan, seminar ini diharapkan bukan hanya wadah berkumpul peneliti, akademisi, mahasiswa, dan praktisi, melainkan sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman para pakar dalam bidang seni dan budaya.

Pada kesempatan ini para peserta mendapat materi mengenai eksplorasi seni budaya Lampung di zaman prasejarah, zaman Hindu-Budha, dan zaman penyebaran Islam oleh Prof. Margaret J. Kartomi, eksplorasi seni budaya Lampung dalam bingkai keberagaman dan kebinekaan oleh Prof. Karomani, serta materi “Kita adalah Lampung” oleh Admi Syarief. (RLS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close