Humaniora

SMKN 8 Rancang Aplikasi Pembelajaran Modern Bagi Siswa

Siasati Kejenuhan di Tengah Pandemi

Kepala SMKN 8 Bandar Lampung, Hj. Dewi Ningsih, M.Pd. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID — Sejak diputuskan masuk sekolah tahun ajaran baru 2020, hingga kini kegiatan belajar mengajar (KBM) disejumlah daerah di Tanah Air, masih dilakukan secara dalam jaringan (daring).

Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19. Di tengah masa itu, namun sekolah tetap diminta memberikan layanan pendidikan terbaik kepada para siswa.

Guna mendukung layanan pembelajaran secara daring itu, para guru pun dituntut terus berinovasi dalam menyampaikan materi pembelajaran. Itu supaya siswa tidak cepat merasa bosan saat mengikuti pembelajaran.

Pada penerapan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, ternyata juga telah dilakukan sivitas akademika SMK Negeri 8 Bandar Lampung. Pihak sekolah merancang aplikasi modern guna mendukung hal tersebut.

Baca juga: SMA di Lampung Siap Laksanakan PAS Secara Daring

Seperti diungkap kepala sekolah setempat, Hj. Dewi Ningsih, M.Pd, bahwa sekolahnya telah merancang sistem aplikasi khusus di dalam website sekolah, guna mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Menurutnya, aplikasi yang dinamakan learning management system (LMS), itu mampu mengakomodasi seluruh materi pembelajaran daring, termasuk menyimpan video pembelajaran yang dibuat para guru.

“Tentu pembuatan materi pembelajaran daring berbeda dengan materi di kelas. Melalui LMS, kami merancangnya semenarik mungkin, agar siswa semakin tertarik mengikuti pembelajaran daring,” katanya, Selasa (27/10/2020).

Bahkan katanya, video pembelajaran tersebut juga di unggah ke laman YouTube sekolah. “Kami mengunggungnya ke YouTube, supaya pembelajaran dari guru itu dapat dibuka kapan saja oleh siswa,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Dewi, aplikasi LDS juga dapat memantau sejumlah aktivitas siswa. “Melaui LDS, kehadiran siswa juga dapat dilakuan di aplikasi itu. Termasuk penilaian siswa,” katanya.

Baca juga: Disdikbud Lampung Maksimalkan Smart School Lampung Berjaya

PAS Gunakan DSS

Lain hal dengan pembelajaran yang menggunakan LDS, menurut Dewi, pada penilaian akhir semester (PAS) ganjil tahun ini, pihak sekolah akan menggunakan aplikasi digital smart school (DSS).

Dia mengatakan, DSS merupakan aplikasi yang dirancang khusus oleh pihak ketiga, sebagai sarana siswa dalam mengikuti PAS. “Aplikasi DSS ini juga digunakan SMK lain saat pelaksanaan PAS nantinya,” ujar dia.

Dia menambahkan, selama pelaksanaan PAS nantinya, siswa akan mengikuti dari kediaman masing-masing siswa. “Ini dikarenakan pandemi. Namun, bagi siswa yang tidak memiliki android, dapat mengikutinya dari sekolah,” kata dia. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close