Olahraga

MGMP PJOK Kota Jaring Pesilat & Karateka Pelajar SMP/MTs

Menuju KOSN Provinsi Lampung

Salah satu peserta seleksi KOSN tingkat kota (kiri), saat tampil dihadapan juri.

SMARTNEWS.ID – Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan (MGMP PJOK) SMP/MTs Kota Bandar Lampung, menyeleksi para pesilat dan karateka pada jenjang pelajar SMP.

Seleksi digelar di SMPN 2 Bandar Lampung, Sabtu, 24 Oktober 2020, itu untuk menjaring para siswi berprestasi dibidang tersebut, guna menuju Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Tingkat Provinsi Lampung.

Koordinator MGMP PJOK SMP/MTs Kota, Muhammad Yusri, S.Pd., M.M, mengatakan seleksi KOSN tingkat kota pada cabang olahraga Pencak Silat dan Karate, itu diikuti sejumlah pelajar SMP/MTs negeri dan swasta se-Bandar Lampung.

Adapun nomor yang dipertandingkan pada kedua cabang olahraga itu, kata dia, Karate yakni Kata Perorangan Putra dan Kata Perorangan Putri. Sedangkan Pencak Silat yakni Jurus Tunggal Putra dan Jurus Tunggal Putri.

Pada seleksi itu, menurut dia MGMP PJOK menggandeng organisasi Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bandar Lampung, sebagai tim wasit dan juri.

“Penjaringan hal ini adalah menindaklanjuti petunjuk teknis pelaksanaan KOSN dari Disdikbud Lampung,” ujar dia yang kesempatan itu mewakili Ketua MGMP PJOK SMP/MTs Kota Aswandi, S.Pd., M.M, Sabtu (24/10/2020).

Dari sejumlah peserta yang mengikuti perlombaan KOSN tingkat kota pada kedua cabang olahraga itu, lanjut Yusri yang juga Kepala SMPN 33 Bandar Lampung itu, para juri hanya menetapkan para juara 1, 2, dan 3.

“Dari para juara itu, hanya juara 1 dan 2 saja yang akan mengikuti KOSN tingkat provinsi mendatang,” kata dia yang diamini Dewan Penasehat PJOK SMP/MTs Kota sekaligus guru SMPN 22 Mu’ad itu.

Menurutnya para juara yang didapat itu, merupakan peserta yang terbaik dari utusan SMP/MTs di Bandar Lampung. “Semua peserta bagus. Namun kami hanya mengambil yang terbaik saja,” kata Yusri.

Selama jalannya perlombaan, tambah dia, baik seluruh peserta, tim wasit dan juri, serta panitia pelaksana kegiatan mematuhi protokol kesehatan penanganan virus corona atau Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

“Pada kegiatan ini kami mematuhi protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun atau cairan pembersih tangan,” kata dia. (YUS)

Berikut Nama Para Juara:

Karate: Kata Perorangan Putra
Juara 1: Grey Nidan Kalkairu – SMPN 29 Bandar Lampung
Juara 2: M Fahri Akbar – SMPN 2 Bandar Lampung
Juara 3: Wintama Dimas – SMPN 1 Bandar Lampung dan Moses Marsellino – SMPS Xaverius

Karate: Kata Perorangan Putri
Juara 1: Adinda Kayla Khairani – SMPN 22 Bandar Lampung
Juara 2: Aurellia Alinka Wijaya – SMPN 1 Bandar Lampung
Juara 3: Reva Adrilia – dan Ratu Nasyawaa S

Pencak Silat: Jurus Tunggal Putra
Juara 1: Zoland Ryo Febriando – SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung
Juara 2: Yosalani Kanazawa – SMPN 5 Bandar Lampung
Juara 3: M Sulthon – SMPN 29 Bandar Lampung

Pencak Silat: Jurus Tunggal Putri
Juara 1: Arcela Nanda Wijaya – SMPN 2 Bandar Lampung
Juara 2: Elvira Iga Dwitiya – SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung

Sumber: MGMP PJOK SMP/MTs Kota Bandar Lampung

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close