Prestasi

Mobil Listrik Unila Ikhtiar Menyelamatkan Bumi

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, saat menjajal Mobil Listrik Unila 1, Kamis (13/1/2022). ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Universitas Lampung meluncurkan Mobil Listrik Unila 1 hasil karya dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik, di Gedung Rektorat Unila, Kamis (13/1/2022).

Peluncuran yang dipimpin langsung Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, ini merupakan inovasi dan kreasi anak bangsa dalam upaya menyelamatkan bumi.

“Perubahan iklim kita begitu cepat. Hadirnya mobil listrik ini, sebagai upaya menyelamatkan bumi,” ujar Karomani dihadapan sivitas akademika Unila yang hadir dikesempatan tersebut.

Dalam hal itu, katanya, Unila memulainya. Itu juga bagian tak terpisahkan dari ikhtiar bersama-sama antarmanusia untuk memperlambat berakhirnya bumi.

“Meskipun saya sebagai muslim dan manusia beragama, saya percaya bahwa bumi pada akhirnya akan berakhir. Ini hanya kita memperlambat saja,” ujar Rektor.

Selain hal tersebut, lanjut Rektor, mobil listrik adalah bukti nyata kemampuan teknologi yang dimiliki oleh Unila. Mobil ini nantinya dapat menjawab berbagai kebutuhan masyarakat maupun industri.

Mobil listrik Unila, merupakan hasil riset hampir satu dekade. Salah satu keunggulan dari mobil ini adalah penggunaan green composite yang umumnya dinilai sebagai limbah oleh masyarakat.

“Penggunaan green composite membuat chasis mobil listrik menjadi ringan. Bahan green composite terdiri dari daun bambu dan rami,” jelasnya.

Mobil listrik, lanjutnya, dibangun dalam rentang waktu kurang dari dua bulan. Spesifikasi mobil adalah 3kW dengan torsi Nm dengan gear ratio 1:10 dan 1:20 dengan berat 400kg.

“Sementara, untuk kecepatan maksimum 45 km/jam dengan jarak tempuh sekitar 100-150 km,” ujarnya didampingi Ketua Tim Mobil Listrik Unila Martinus, S.T., M.Sc. (***)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close