Humaniora

Mulai Hari Ini Siswa SMP/MTs Bandar Lampung Ikut LUS & PTS Daring

Kanan – Dua siswa SMPN 33 tengah mengikuti ujian dari rumahnya masing-masing. Kiri – Guru SMPN 33 memantau pelaksanaan ujian secara daring. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID — Siswa SMP/MTs se-Kota Bandar Lampung mulai mengikuti latihan ujian semester (LUS) dan penilaian tengah semester (PTS), pada 15 – 20 Maret 2021.

LUS yang diikuti siswa kelas 9 dan PTS bagi siswa kelas 7 dan 8, itu adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa setelah mengikuti proses pembelajaran di sekolah.

Wakil Sekretaris I MKKS SMP Bandar Lampung, M Yusri, S.Pd., M.M, mengatakan LUS dan PTS di masa pandemi Covid-19, ini masih dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau online.

Saat mengerjakan soal, menurut dia, siswa melakukannya dari rumah dengan menggunakan gawai seperti telepon cerdas atau sejenisnya yang terhubung dengan jaringan internet.

“LUS dan PTS secara daring ini guna mengindari kerumunan sekaligus mencegah meluasnya Covid-19,” ujarnya yang mendampingi Ketua MKKS SMP Kota Dr. M Badrun, M.Ag itu.

Namun, lanjut dia, bagi siswa yang tidak memiliki gawai dapat mengikuti ujian secara luar jaringan (luring) atau offline dengan menggunakan kertas yang telah disediakan sekolah.

“Siswa yang tidak punya handphone ujiannya dilakukan dengan tes paper atau disesuaikan dengan kondisi sekolahnya masing-masing,” ujar Yusri yang juga Kepala SMPN 33 itu.

Sedangkan soal ujian, kata dia, itu dibuat oleh musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) untuk LUS, sedangkan PTS oleh sekolah. “Tentunya dilakukan guru oleh yang berkompeten,” kata dia.

Sementara itu Kepala Seksi Kelembagaan Disdikbud Bandar Lampung Mulyadi Syukri, S.Sos mengatakan LUS diikuti siswa kelas 9 SMP/MTs guna menentukan nilai rapor semester enam.

“Rumus rapor semester enam itu didapat dari LUS sebesar 40 persen, sedangkan 60 persen dari nilai rata-rata harian (RH),” ujarnya yang mendampingi Sekretaris Disdikbud Hj. Eka Afriana itu.

Sedangkan PTS yang diikuti siswa kelas 7 dan 8 itu, lanjut dia, guna mengukur kemajuan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran setengah semester di sekolah.

“PTS ini bagian penilaian kenaikan kelas siswa. PTS ini memiliki bobot 30 persen yang nantinya akan digabung dengan bobot RH 40 persen dan penilaian akhir tahun 30 persen,” katanya. (YUS)

Jadwal LUS & PTS SMP/MTs di Bandar Lampung

Senin (15/3)
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
Bahasa Indonesia

Selasa (16/3)
Matematika
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Rabu (17/3)
Bahasa Inggris
Ilmu Pengetahuan Sosial

Kamis (18/3)
Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Jumat (19/3)
Seni Budaya
Bahasa Lampung

Sabtu (20/3)
Prakarya
Teknologi Informasi dan Komunikasi

Keterangan;
Waktu ujian 07.30 – 09.00 – 09.30 – 11.00

Sumber: Disdikbud Bandar Lampung

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close