Ruwa Jurai

Pembentukan TKDV di Lampung Tingkatkan SDM Kompeten Produktif & Berdaya Saing

ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Pemerintah Provinsi Lampung, baru-baru ini membentuk Tim Koordinasi Daerah Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi (TKDV) Provinsi Lampung, Masa Bakti 2023-2027.

TKDV yang bertanggungjawab kepada Gubernur Lampung ini mendukung dan meningkatkan sumber daya manusia/ tenaga kerja kompeten yang produktif dan berdaya saing melalui pendidikan vokasi.

Salah satu anggota TKDP merupakan ketua MKKS SMK se-Provinsi Lampung, diharapkan menghasilkan lulusan kompeten dan dibutuhkan pasar kerja atau mampu berwirausaha.

Ketua MKKS SMK Provinsi Lampung, Drs. Moh Edy Harjito, mengatakan TKDV ini berperan mengoordinasikan, menyinergikan, dan mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi secara efektif, menyeluruh, dan terintegrasi.

Adapun tugas TKDV adalah menyusun perencanaan kebijakan operasional untuk mengembangkan dan pengelolaan ssstem informasi pasar kerja di daerah masing-masing dengan mengacu pada strategi nasional vokasi.

Selanjutnya, menyusun perencanaan strategis pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi di daerah masing-masing yang mengacu pada kebijakan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

“TKDV juga memiliki tugas melakukan penyelarasan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri di daerahnya masing-masing,” ujarnya, Selasa, 23 Mei 2023.

Tak hanya itu, TKDV menyediakan dukungan pendanaan, serta menjamin ketersediaan pendidik dan instruktur bagi lembaga pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi.

Kemudian melaporkan, memantau, dan evaluasi dari pelaksanaan revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi di daerahnya masing kepada personalia TKDV Provinsi Lampung.

“TKDV ini sebagai bentuk implementasi Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pendidikan Vokasi,” ujar Kepala SMK Negeri 2 Bandar Lampung ini.

Ia mengatakan, pembentukan TKDV berdasarkan Keputusan Gubernur Lampung ini menjadi salah satu provinsi tercepat di Tanah Air. “Tujuan ini untuk mempercepat peningkatan mutu pendidikan vokasi dan pendidikan vokasi di Lampung,” ujarnya.

Mengimplementasikan hal ini, SMK akan terus mendapat arahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. “Kepala Disdikbud Bapak Drs. Sulpakar, M.M, bersama Kabid Pembinaan SMK Ibu Dra. Zuraida Kherustika, M.M, sangat serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Lampung,” kata dia. (***)

Susunan Personalia TKDV Lampung

Pembina:

  • Gubernur Lampung

Pengarah:

  • Sekretaris Daerah Provinsi Lampung

Ketua:

  • Kepala Disdikbud Lampung

Sekretaris:

  • Sekretaris Disdikbud Lampung

Anggota:

  • Kepala Bappeda Lampung

  • Kepala BPKAD Lampung

  • Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lampung

  • Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Lampung

  • Ketua Kadin Lampung

  • Direktur Politeknik Negeri Lampung

  • Ketua MKKS SMK se-Provinsi Lampung

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close