Humaniora

Pemkot Alokasikan Rp21,8 M untuk Pengadaan Seragam Siswa Biling

Foto: Ilustrasi.

SMARTNEWS.ID — Pemerintah Kota Bandar Lampung mengalokasikan anggaran Rp21,8 Miliar untuk pengadaan seragam sekolah gratis bagi siswa SD/MI dan SMP/MTs kurang mampu melalui program bina lingkungan (biling).

Salah satu program yang menjadi unggulan di sektor pendidikan, itu merupakan kebijakan Wali Kota Drs. Herman HN, M.M. Seragam biling tersebut diperuntukkan bagi siswa baru yang diterima pada tahun pelajaran 2020/2021.

“Benar, bahwa tahun ini pemerintah kota menganggarkan senilai tersebut untuk pengadaan seragam biling,” ujar Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Drs. Sukarma Wijaya, Selasa (8/9/2020).

Kendati Bandar Lampung juga dilanda Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19, namun menurut dia program tersebut tetap dilaksanakan pemerintah kota, mengingat masih banyak siswa yang membutuhkan hal tersebut.

“Program biling adalah ketetapan wali kota dan sudah berjalan setiap tahun selama beliau menjabat. Seragam ini nantinya dapat digunakan siswa saat kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka berlangsung,” ujar dia.

Menurut dia, sistem pendataan siswa yang akan memperoleh seragam termasuk ukuran dilakukan masing-masing sekolah. “Mengukur tidak dilakukan persiwa, melainkan dengan cara mendata ukuran S, M, L, atau lainnya,” kata dia.

Diketahui, berdasar infomasi di situs Layanan Pengadan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bandar Lampung Tahun 2020, pengadaan pakaian perlengkapan siswa SD/MI dengan pagu Rp17,1 miliar. Sedangkan, perlengkapan bagi siswa SMP/MTs dengan pagu Rp4,7 miliar.

Saat ini tender baru saja dibuka. Pembukaan tender dokumen penawaran dijadwalkan 16 September. Evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis, dan penentuan harga akan dilakukan pada 16 – 21 September.

Kemudian, pembuktian kualifikasi mulai 18 September. Penetapan pemenang tander 21 September. Pengumuman pemenang 22 September 2020. Sementara Pemkot memberikan masa sanggah 23 – 29 September.

Sedangkan surat penunjukan penyedia barang/jasa pada 30 September. Kemudian, penandatanganan kontrak akan dilakukan 1 – 16 Oktober mendatang. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close