Ruwa Jurai

PGRI Lampung Bekali 4.326 Guru Pembatik

Hadapi Pemilihan Duta Rumah Belajar

Sejumlah guru di Lampung saat mengikuti webinar Pembatik yang digelar PRGI Lampung. TANGKAPAN LAYAR

SMARTNEWS.ID — PGRI Provinsi Lampung bekali guru-guru di Lampung tentang Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pembatik), Kamis (29/4/2021).

Pembatik dilakukan secara dalam jaringan atau online melalui webinar pada level 1, ini diikuti 4.326 guru di Lampung. Para guru ini dibimbing dua nara sumber Duta Rumah Belajar Lampung.

Keduanya nara sumber tersebut adalah Duta Rumah Belajar Lampung tahun 2019 Mirwan Saputra, S.Pd. Gr dan Duta Rumah Belajar Lampung tahun 2020 Nuvis Melodiana, S.Pd. Gr.

Ketua PGRI Lampung Drs. Hi. Suharto, M.Pd mengatakan, webinar Pembatik yang digelar hari ini sangat antusias diikuti guru-guru di Lampung, bahkan mencapai 4.326 peserta.

Sejumlah peserta webinar tersebut, menurut dia, mendapatkan materi tentang Merdeka Belajar bersama Rumah Belajar, pemanfaatan gawai pendidikan, dan tools pembelajaran kolaborasi.

“Serta tips sukses Pembatik untuk menjadi Duta Rumah Belajar yang materinya disampaikan secara jelas dan menarik oleh para nara sumber,” ujar Kepala SMAN 9 Bandar Lampung itu.

Kesempatan itu, ia juga mengaku turut memotivasi para peserta Pembatik untuk terus bergerak menuju kemajuan, sebagai contoh peserta didik serta rekan sejawat di sekitarnya.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, bahkan Lampung masuk 5 besar untuk peserta terbanyak se-Indonesia pada level 1. Tentu ini menjadi momen kemajuan pendidikan kita,” ujar Suharto.

Sementara Sekretaris Umum PGRI Lampung, Drs. Ilyas Effendi, mengatakan webinar Pembatik merupakan wadah para guru untuk meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan anggotanya.

“Tentunya dalam hal ini adalah para pendidik dan tenaga kependidikan di Lampung. Untuk itu PGRI akan berupaya selalu konsisten dan peduli pada hal tersebut,” kata Ilyas Effendi.

Seperti diketahui, pelatihan Pembatik merupakan program unggulan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang digelar setiap tahun.

Pembatik dilaksanakan dalam beberapa level dengan sistem gugur. Jika sampai pada level 4, peserta tersebut dapat mengikuti seleksi pemilihan Duta Rumah Belajar.

Dalam penyeleksian tersebut, panitia pemilihan Duta Rumah Belajar tingkat provinsi akan memilih satu peserta untuk diikutsertakan pada pemilihan program tersebut ke tingkat nasional.

Di Lampung, webinar Pembatik yang diinisiasi Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis APKS) dan Smart Learning and Character Centre (SLCC) sebagai perangkat kelengkapan PGRI, berlangsung interaktif.

Webinar ‘Kiat Sukses Pembatik Lampung 2021’ ini diakhiri dengan pemberian kuis Kahoot kepada peserta webinar melalui zoom serta YouTube PGRI Lampung. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close