Ruwa Jurai

Program Kepala Sekolah Mengabdi Tingkatkan dan Meratakan Kualitas Pendidikan di Lampung

ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, melepas 57 kepala satuan pendidikan jenjang SMA di Lampung untuk mengikuti Program Kepala Sekolah Mengabdi Angkatan I, di Mahan Agung Lingkungan Pemprov Lampung, Selasa, 14 Februari 2023.

Sejumlah kepala satuan pendidikan mengikuti program tersebut, guna meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan Provinsi Lampung. Selain itu, ini merupakan bagian dari upaya menularkan tata cara pengelolaan sekolah yang baik di sekolah yang lain.

“Program Kepala Sekolah Mengabdi merupakan suatu terobosan yang sangat baik. Silahkan bapak dan ibu, mengimplementasikan pengalaman dalam hal Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menyatakan, kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang penting dalam organisasi. Sebagian besar keberhasilan dan kegagalan dalam organisasi ditentukan oleh kepemimpinan dalam organisasi tersebut.

“Begitu juga dengan sekolah, di mana kepala sekolah sebagai pemimpinnya. Lakukan diskusi bersama guru dan kepala sekolah setempat. Bagaimana melakukan perencanaan program sekolah yang baik dimulai dari evaluasi diri sekolah tersebut,” kata Arinal.

Gubernur Arinal meminta para kepala sekolah yang terlibat dapat saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola satuan pendidikan, terutama dalam hal kemampuan manajerial, supervisi, dan kewirausahaan.

“Dengan dilaksanakannya Program Kepala Sekolah Mengabdi, ini diharapkan sekolah akan lebih memahami program yang memfokuskan pada bidang pembelajaran di sekolah,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Lampung itu.

Ia berharap kepada seluruh Kepala Sekolah Mengabdi SMA Lampung dapat bekerja sebagai kepala sekolah yang humanis dengan menyampaikan ilmu yang sudah didapat selama puluhan tahun kepada peserta didik dan pendidik di sekolah tujuan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung beserta jajaran, yang terus melakukan terobosan dan inovasi di bidang pendidikan, sehingga mutu, dan kualitas pendidikan di Lampung dapat semakin meningkat,” tutup Gubernur.

Sementara itu Disdikbud Lampung Drs. Sulpakar, M.M, menyatakan 57 kepala sekolah dipilih mengikuti Program Kepala Sekolah Mengabdi, berasal dari SMA Negeri Bandar Lampung 15 orang, SMA Negeri Lampung Selatan enam orang.

Kemudian, SMA Negeri Lampung Tengah tujuh orang, SMA Negeri Lampung Timur lima orang, SMA Negeri Lampung Utara lima orang, SMA Negeri Metro lima orang, dan SMA Negeri Pesawaran tiga orang.

Selanjutnya, SMA Negeri Pringsewu enam orang, SMA Negeri Tanggamus lima orang, SMA Negeri Tulang Bawang satu orang, dan SMA Negeri Tulangbawang Barat dua orang.

Sebanyak 57 kepala sekolah tersebut akan di tempatkan di empat kabupaten, yakni 9 kepala sekolah di Pesisir Barat, 15 kepala sekolah di Lampung Barat, 24 kepala sekolah di Way Kanan, dan 9 kepala sekolah di Mesuji.

 “Program Kepala Sekolah Mengabdi Angkatan I ini akan dilaksanakan selama 8 hari sejak tanggal 18-25 Februari 2023,” ujar Penjabat Bupati Mesuji itu.

Menurutnya, Program Kepala Sekolah Mengabdi ini untuk meningkatkan pemerataan mutu pendidikan, memberikan pengalaman yang baik dalam pengelolaan pendidikan bagi kepala sekolah dan guru, serta mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan di Lampung,” ujar dia. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close