Prestasi

Progres Prestasi Siswa SMPN 1 Bandar Lampung Melaju Pesat

Puluhan Ajang Lomba Dimenangkan

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Siapa tidak mengenal SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Sebagai warga Lampung, khususnya tinggal di Kota Bandar Lampung, tentunya sudah sangat mengenal sekolah yang beralamat di Jalan MR Gele Harun No. 30 Rawa Laut, Enggal, Bandar Lampung itu.

SMP Negeri 1 adalah salah satu sekolah yang terbilang favorit di Kota Tapis Berseri ini. Hal itu tunjukkan dari tingginya peminat dalam setiap tahunnya. Penilaian masyarakat itu tentu berdasar. Karena dalam proses pendidikan, sekolah memprioritaskan mutu di atas segalanya.

Prioritas mutu dikembangkan sekolah, tidak hanya dalam pendidikan akademik semata. Namun, sekolah yang telah berdiri sejak 1951 dan saat peletakan batu pertama dilakukan oleh Presiden RI Pertama Ir. Soekarno, itu juga mengembangkan pendidikan nonakademik atau ekstrakurikuler.

Progres perkembangan mutu pendidikan sekolah telah terbukti, hingga 2019 ini. Bahkan, sekolah yang kini di bawah kepemimpinan Tri Priyono, S.Pd, terus melaju pesat dengan banyak memperoleh prestasi, baik kompetisi di tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga ke ajang nasional.

Kepala SMPN 1 Bandar Lampung Tri Priyono, S.Pd (tengah) berfoto bersama dua siswa berprestasi pada lomba renang tingkat Provinsi Lampung.

Seperti sepanjang tahun ini saja, sedikitnya 16 siswa di sana menyabet puluhan kali juara diberbagai ajang lomba kegiatan ekstrakurikuler. Ini menunjukkan, bahwa SMP Negeri 1 adalah sekolah yang memiliki segudang prestasi. Tentunya, prestasi ini diperoleh dari proses cukup panjang dan hasil kerja nyata.

Puluhan piala dan piagam penghargaan, pada Jumat (18/10/2019), oleh pihak sekolah digelar di salah satu ruang, bersama siswa berprestasi. Termasuk menceritakannya. Hal tersebut guna memotivasi para siswa lain untuk terus berlatih dan bekerja keras dalam memperoleh prestasi sesuai minat dan bakat.

Prestasi yang diperoleh tersebut, tidak hanya diceritakan siswa kepada warga sekolah. Namun, pada kesempatan itu, juga diceritakan kepada sejumlah awak media yang hadir melakukan tugas jurnalistik, guna meliput prestasi yang diperoleh siswa sepanjang 2019 (Januari – Oktober).

Sejumlah siswa berprestasi SMPN 1 Bandar Lampung, berbagi cerita atas keberhasilan memenangkan lomba bidang ekstrakurikuler.

Seperti diceritakan Keysha Aulia Safinka yang mewakili siswa berpretasi lainnya, bahwa untuk memperoleh prestasi khususnya dibidang nonakademik, dibutuhkan kesungguhan dan persiapan matang dari diri siswa, serta dukungan dan pembinaan maksimal oleh pihak sekolah. “Barulah semua kegiatan dapat berjalan,” ujarnya.

Namun menurutnya, bentuk kegiatan diikuti siswa telah memperoleh dukungan sekolah. Bahkan, siswa saat berlatih atau berlomba di luar, sekolah memberi dispensasi atau membebaskan kewajiban sekolah. “Sejauh ini sekolah peduli dengan kami. Bahkan kami diberi dispensasi saat berlomba di luar,” ujar siswa kelas IX itu.

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Tri Priyono, S.Pd mengatakan, prestasi yang diraih sejumlah siswanya merupakan anugerah bagi sekolah. Menurutnya, prestasi hanya dapat diukir atas hasil kerja keras dan ketekunan siswa dalam berlatih. “Bila itu tidak dilakukan, maka hal yang mustahil, itu dapat diraih,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam mengembangkan minat dan bakat siswa, sekolah bekerjasama dengan orangtua siswa. Hal tersebut, guna memudahkan melakukan pembinaan mulai dari dasar hingga lebih lanjut. “Pentingnya mengajak kerjasama orangtua siswa, agar progresnya prestasi siswa terpantau,” kata dia. (YUS)

Siswa Berprestasi SMP Negeri 1 Bandar Lampung selama 2019.

Satria Permana (kiri) dan Navara Nurul Rasyadha SA, saat menunjukkan piagam penghargaan juara lomba renang. Diketahui, pada kejuaran Piala Danyonif 143/TWEJ, Galih meraih 3 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Sementara Navara meraih 3 emas. Sedangkan kejuaraan renang Anindya Bakri, Galih meraih 5 emas dan 4 perak. Sementara Navara meraih 5 emas dan 2 perak. Kedua kegiatan itu digelar baru-baru ini.

1. Keysa Aulia Safinka – Juara LCT MIPA
2. Khanya S Herawanto – Juara Olimpiade Astronomi
3. M Aditya Irawan – Juara Olimpiade Astronomi
4. M Zayyan Putra Akbar – Juara Olimpiade Matematika
5. M Prima Padli – Juara LCT Matematika
6. Haikal Azamta – Juara Olimpiade Matematika
7. Feby Trieya Pitaloka – Juara PMR Madya Putri
8. Nabila Qisthi Sya’ bani – Juara PMR Madya Putri
9. Serly Dwi Nugraha – Juara PKS se-Kota Bandar Lampung
10. Raditya Febrian P – Juara PKS se-Kota Bandar Lampung
11. Cahya Adinda Tasya – Juara Regu Terfavorit
12. Galih Satria Permana – Juara Renang se-Provinsi Lampung
13. Navara Nurul Rasyadha SA – Juara Renang se-Provinsi Lampung
14. Azizah Anada Suri – Juara Seni Musik
15. Kanjeng Ratu Balqis – Juara Solo Song
16. Intan Dwi Thahira – Juara Pantun se-Nasional FLS2N

Keterangan;
Dalam satu perlombaan, satu siswa dapat memenangkan sejumlah tangkai lomba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close