Prestasi

Rektor Itera Apresiasi Buku Ringkasan Ulumul Qur’an

Karya Dosen M. Luqmanul Hakim Habibie SQ

Rektor Itera, Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D.,IPU (kiri), bersama Dosen Mata Kuliah Umum Agama dan Etika Islam Itera M. Luqmanul Hakim Habibie SQ M.Pd.I., menunjukkan buku berjudul Ringkasan Ulumul Qur’an strategi mudah memahami ilmu-ilmu Al Qur’an. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID — Dosen Mata Kuliah Umum Agama dan Etika Islam Institut Teknologi Sumatera (Itera) M. Luqmanul Hakim Habibie SQ M.Pd.I, berhasil menerbitkan buku berjudul Ringkasan Ulumul Qur’an strategi mudah memahami ilmu-ilmu Al Qur’an.

Buku tersebut ditulis ia bersama Nor Rochmatul Wachidah, M.Pd.I yang merupakan istrinya. Buku ini memuat berbagai informasi terkait dengan Al Qur’an. Dimulai sejak proses pewahyuan Al Qur’an hingga proses kodifikasinya (pengumpulan Al Quran) dari mulai sejak zaman Nabi Muhammad SAW hingga zaman revolusi 4.0, sekarang ini.

Pria kelahiran, Januari 1991 ini menyampaikan, Al Qur’an sebagai kitab suci umat Islam berisikan tentang semua khazanah keilmuwan. Menjadi cikal bakal munculnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Namun sering sekali umat Islam kesulitan untuk memahami teks-teks Al Qur’an karena nilai keluhuran dan keagungan yang terkandung didalam Al Qur’an dan memang Al Qur’an memiliki sisi kemukjizatan yang dari segi sisi kesusasteraan dan nilai yang sangat agung sehingga dibutuhkan teknik dan cara untuk memahami itu semua. Untuk itu, Ia dan sang istri berinisiatif membuat sebuah karya kecil dua seri buku Ringkasan Ulumul Qur’an.

“Teks Al Qur’an tak lekang oleh waktu dan zaman, dan nilai-nilai yang terkandung mampu memberikan wawasan yang sangat dalam. Semakin digali dan ditelaah maka semakin luas kontekstualisasi setiap ayat dan surah dalam Al Qur’an,” ujar Luqmanul Hakim, yang juga pengasuh Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Quds, Bandar Lampung, Selasa (9/2/2021).

Secara terpisah, Rektor Itera, Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D.,IPU, mengapresiasi buah karya dosen Itera Luqmanul Hakim. Hadirnya buku Ulumul Qur’an Strategi mudah memahami Ilmu-ilmu Al-qur’an Seri-2 tersebut, menurut Rektor semakin memperkaya sumber pengetahuan dalam mempelajari Alquran.

Tidak hanya bagi sivitas akademika Itera, akan tetapi lebih luas yakni bagi semua umat muslim yang tidak henti menjadikan Al Qur’an sebagai sumber ilmu pengetahuan dalam kehidupan.

Rektor Itera yang turut memberikan pengantar dalam buku tersebut menyampaikan, buku karya Luqmanul Hakim, dan sang istri ditulis lengkap dan gaya bahasa yang mudah dipahami, sehingga pembaca akan mampu mengambil pelajaran dan hikmah dari setiap babnya.

“Selamat atas terbitnya buku Ulumul Qur’an Strategi mudah memahami Ilmu-ilmu Al Qur’an Seri-2 yang menjadi tambahan khasanah keilmuan dalam pembelajaran Alquran. Semoga buku ini senantiasa mengalirkan kebaikan dan ilmu pengetahuan kepada penulis dan tentunya juga bagi pembacanya,” ujar Rektor. (RUD)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close