Humaniora

Riana Sari Arinal Ajak Orangtua Didik dan Rawat Anak Disabilitas Dengan Kasih Sayang

Ketua Umum PKDL Lampung, Riana Sari Arinal, didampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi, mengabadikan momen bersama anak penyandang disabilitas, di Arena Pentas dan Taman Lalu Lintas Bumi Kedaton, Bandar Lampung, Selasa (23/8/22). ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung (PKDL), memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022, di Arena Pentas dan Taman Lalu Lintas Bumi Kedaton, Bandar Lampung, Selasa (23/8/2022).

Kegiatan yang disertai dengan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, ini dihadiri langsung Ketua Umum PKDL Lampung, Riana Sari Arinal. Di sana, ia mengajak orangtua untuk mendidik dan merawat anak penyandang disabilitas dengan penuh kasih sayang.

“Tiap anak punya cerita dan rezekinya masing-masing. Apapun kondisinya, itu merupakan ketentuan dari Tuhan Yang Maha Esa. Insya Allah anak-anak inilah yang akan menghantarkan bapak ibu semua berkumpul di surga-Nya yang mulia,” kata Riana Sari

Ia juga meminta kepada orang tua yang memiliki anak dengan keterbatasan tidak perlu takut dan malu. Justru, ditunjukkan karena tiap anak memiliki kelebihannya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Aswarodi, menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung sangat berkomitmen dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak, termasuk kepada anak penyandang disabilitas.

Hal tersebut secara khusus diusung Gubernur Lampunh Arinal Djunaidi dalam misi ketiga Provinsi Lampung yaitu mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum difabel.

Meraih hal tersebut, katanya, pemerintah membutuhkan peran serta dan gotong royong dari seluruh komponen bangsa untuk berperan dalam mewujudkan kesejahteraan sosial.

Aswarodi juga menyampaikan, Pemerintah Provinsi Lampung bersama Persatuan Komunitas Disabilitas Provinsi Lampung saat ini sedang menyiapkan “One Stop Service” untuk layanan penyandang disablitas di kantor PKDL yang berlokasi di samping Lapangan Golf Sukarame.

Layanan tersebut nantinya akan diperluas pada layanan kesejahteraan sosial lainnya, mulai dari layanan pendataan, assessment, intervensi dan rujukan sesuai dengan kebutuhan sampai dengan pemberdayaan.

“Insyaallah di APBD-P ini PKDL akan memiliki kantor, berlokasi di samping Lapangan Golf. Kami rencanakan tempat tersebut akan menjadi “one stop service”. Penyandang disabilitas akan berkolaborasi di tempat itu untuk memberikan layanan kepada masyarakat, serta pemberdayaan seperti galeri membatik dan lainnya,” terang Aswarodi.

Kadis Sosial Provinsi Lampung juga mengajak semua pihak untuk mencurahkan kasih sayang dan perhatian secara optimal kepada anak-anak, khususnya kepada anak-anak penyandang disabilitas.

“Anak-anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik mental dan sosial dan berakhlak mulia sehingga diperlukan upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak guna mewujudkan kesejahteraan anak,” kata Aswarodi. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close