Pendidikan

Sanlat Ramadan di SDN 3 Perum Way Kandis Ditutup Berbagi Bingkisan ke Sesama

Kegiatan berbagi yang dilakukan SDN 3 Perum Way Kandis pada penutupan sanlat Ramdan 1444 H, Sabtu, 15 April 3023. DOK SEKOLAH

SMARTNEWS.ID – Kegiatan pesantren kilat (sanlat) Ramadan 1444 Hijriah di SDN 3 Perum Way Kandis Kota Bandar Lampung yang digelar sejak 13 April, resmi ditutup Sabtu, 15 April 3023.

Pada penutupan sanlat tersebut, keluarga besar sekolah juga membagikan paket bingkisan yang berisikan sejumlah bahan pokok makanan kepada sesama yang membutuhkan.

Kepala SDN 3 Perum Way Kandis, Soviyanti, M.Pd, mengatakan sanlat yang diikuti seluruh siswa kelas 1-6, ini sangat memberikan makna positif bagi siswa arti pentingnya memiliki ilmu agama.

Sebab, para siswa diberikan pengetahuan agama seperti membaca ayat suci Alquran, salat, keutamaan puasa dan zakat fitrah, game edukasi, hingga seni qasidah atau mawalan.

“Sanlat ini sangat bermanfaat bagi para siswa kami, sebab mereka bisa mengetahui lebih dalam tentang agama Islam, terlebih dilakukan pada bulan Ramadan ini,” katanya.

Tak hanya itu, para siswa selama sanlat juga ditanamkan naluri kepedulian sosial terhadap lingkungannya. Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan rasa berbagi dengan sesama.

“Seperti yang dilakukan pada hari penutupan sanlat Ramadan ini, kami membagikan 100 paket sembako untuk siswa dan masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi,” ujar Soviyanti.

Paket sembako yang diperoleh dari infak siswa, guru dan tenaga kependidikan sekolah, ini untuk membantu sesama guna memenuhi kebutuhan makanan pokok sehari-hari masyarakat.

“Selain meningkatkan keimanan dan ketakwaan para siswa, sanlat ini juga mengajarkan saling tolong menolong dengan sesama. Salah satunya melalui berbagi yang dilakukan hari ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, selama kegiatan sanlat para siswa dibimbing oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam Asmaroni, serta sejumlah guru agama dan guru kelas lainnya.

Sebelumnya pada pembukaan sanlat Ramadan turut dihadiri pengawas sekolah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Hj. Erdiana, M.Pd. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close