Humaniora

Sekolah Miliki Mutu Baik, Bakal Diburu Masyarakat

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd., M.Si meminta kepada kepala sekolah dan jajaran, untuk mencari solusi dalam meningkatkan mutu sekolah.

Sekolah yang memiliki mutu baik, akan menjadi buruan masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya dalam memperoleh ilmu pendidikan. Dalam membangun hal tersebut, sekolah dapat menggandeng pihak lain.

Hal itu diungkapkan Sekretaris saat menghadiri sosialisasi sertifikasi semester 2 tahun 2019 serta bimbingan teknis aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) versi 2020, di SDS Al Kautsar Bandar Lampung, Sabtu (31/8/2019).

Kegiatan itu sendiri dihadiri ratusan guru, operator, dan kepala SD negeri dan swasta se-Koordinator Wilayah III, meliputi Kecamatan Kemiling, Langkapura, Rajabasa, dan Tanjungkarang Barat Bandar Lampung.

2020 Kepala Sekolah Peroleh Tunjangan Kinerja

Sekretaris Disdikbud Eka Afriana, S.Pd., M.Si (berdiri), didampingi Kabid Dikdas Mega Puri, S.Pd., M.M dan Kasi TPK Supriatin, M.Pd, saat membuka sosialisasi dan bimtek yang diikuti guru se-Koorwil III.

Sekretaris yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M menambahkan, dimulai tahun 2020 kepala sekolah tidak lagi memperoleh tunjangan sertifikasi, melainkan tunjangan kinerja.

Tunjangan kinerja itu sendiri, menurutnya jauh lebih besar daripada tunjangan sertifikasi. Nilainya antara dua hingga tiga kali lipat. Namun, penyaluran tunjangan tersebut, dinilai berdasar kinerja kepala sekolah.

“Tunjangan kinerja antarkepala sekolah nantinya akan berbeda nilainya. Tolak ukurnya berdasar kinerja. Laporan kinerja kepala sekolah akan terhimpun di dinas yang selanjutnya terkoneksi ke pusat. Dan, saat ini sedang diproses,” ujar dia.

Sejumlah guru mengabadikan momen, saat mengikuti sosialisasi sertifikasi semester 2 tahun 2019 serta bimbingan teknis aplikasi Dapodik versi 2020, di SDS Al Kautsar Bandar Lampung, Sabtu (31/8/2019).

Masih pada kesempatan itu, Sekretaris pun meminta kepala sekolah dapat mengawasi guru dalam melakukan aktivitas di sekolah. Guru dalam mengajar, menurutnya harus memiliki cara dan startegi yang berbeda.

“Trik guru dalam mengajar diharapkan selalu memiliki sistem berbeda. Hal tersebut bertujuan menarik keinginan siswa untuk belajar di kelas,” ujar dia yang disambut riuh tepuk tangan peserta sosialisasi itu.

Turut hadir para pembukaan bimtek Kepala Seksi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Supriatin, M.Pd, Operator Disdikbud Suwanto, Kepala SDS Al Kautsar Bandar Lampung Drs. Yus Indra, M.M, dan sejumlah pengawas sekolah. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close