Humaniora

Sekretaris Disdikbud Sebut USBN SD/MI Bandar Lampung Hari Pertama Tanpa Kendala

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Usai tinjau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di sejumlah SMP, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd., M.Si, kembali meninjau pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD/MI tahun pelajaran 2018/2019.

Kali ini Sekretaris yang didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M, mendatangi SDN 1 Rawalaut Bandar Lampung, Senin (22/4/2019). Di sana, Sekretaris disambut langsung kepala sekolah setempat Dentiana Saleh, M.Pd dan sejumlah dewan guru.

Tampak Sekretaris berbincang terkait pelaksanaan USBN pada hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dia mendengarkan langsung paparan dari kepala sekolah. Menurutnya, USBN di sana berjalan lancar dan tanpa kendala.

“Alhamdulillah USBN SD yang dikuti siswa kelas VI pada hari pertama ini juga berjalan lancar seperti UNBK SMP. Hal ini kita kita lihat bersama. Semua siswa mengikuti dengan tertib hingga ujian berakhir,” ujar dia dihadapan sejumlah awak media, Senin.

Di Bandar Lampung menurutnya, peserta yang mengikuti USBN berjumlah 18.052 siswa dan berasal 307 sekolah, dengan rincian 246 SD dan 61 MI. “Jumlah peserta mengikuti USBN berasal dari sekolah negeri dan swasta di Kota Tapis Berseri ini,” ujar dia.

Dia mengatakan, USBN yang diikuti siswa menggunakan kertas pensil. Pada hari pertama siswa mengerjakan 45 butir soal, terdiri atas 40 soal pilihan ganda dan lima soal uraian. “Untuk hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, selain pilihan ganda ada lima soal esai,” kata dia.

Menurutnya, soal USBN tersebut, 25 persen dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan 75 persen disiapkan para guru mata pelajaran yang dikonsolidasikan ke Kelompok Kerja Guru (KKG). (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close