Pendidikan

SMAN 3 Bandar Lampung Kenalkan Kearifan Lokal Budaya Lampung Lewat P5

Gelar Karya P5 Kurikulum Merdeka di SMAN 3 Bandar Lampung, Kamis, 11 Mei 2023. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – SMAN 3 Bandar Lampung, Provinsi Lampung, mengenalkan kearifan lokal budaya Lampung kepada para siswanya melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Hasil P5 tersebut, ditampilkan lewat gelar karya yang dilakukan di halaman sekolah setempat pada 8-11 Mei 2023. P5 ini merupakan salah satu inovasi dalam Kurikulum Merdeka.

Kepala SMAN 3 Bandar Lampung, Tri Winarsih, M.Pd, mengatakan gelar karya P5 yang dilaksanakan saat ini merupakan gelar karya tahap ketiga pada tahun pelajaran 2022/2023.

Gelar karya tahap ketiga dengan mengambil tema Kearifan Lokal Budaya Lampung, para siswa kelas 10 dikenalkan dengan budaya dan adat istiadat yang berlaku pada suku Lampung.

Seperti diajarkan berbahasa Lampung melalui dua dialek a dan o, tari-tarian dan pantun, baju adat, pembuatan tapis pada kain, hingga kuliner yang menjadi khas Lampung.

“Mengenalkan budaya dan adat istiadat Lampung pada P5, supaya para siswa lebih mengetahuinya,” ujar Tri Winarsih, pada acara gelar karya P5, Kamis, 11 Mei 2023.

Katanya, pengenalan budaya Lampung kepada siswa sejak dini itu sangat penting. Sebab, para siswa merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan generasi sebelumnya.

“Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi (mengenalkan budaya Lampung). Momen inilah kita mengenalkan budaya Lampung kepada mereka,” katanya.

“Jangan sampai mereka lebih mengenal budaya luar daripada budaya Lampung. Melalui P5 Kurikulum Merdeka, tentunya mereka akan lebih mengenal,” sambungnya.

Ia mengatakan, pengenalan dan pendekatan budaya Lampung kepada siswa di sekolah dilakukan melalui kurikulum muatan lokal pelajaran Bahasa Lampung.

“Pelajaran Bahasa Lampung ini didapat seluruh siswa,” katanya didampingi empat wakilnya, Rulisa Deltriana, S.Pd, Upik Rahmani, S.Pd.I, Yuliyono, S.Pd.Jas, dan Iyan Ibrani, S.Pd, itu.

Berdasar pantauan media ini, gelar karya P5 mengusung tema kearifan lokal budaya Lampung di SMAN 3 Bandar Lampung, pada Kamis, 11 Mei 2023, sangat meriah.

Siswa, guru dan tenaga kependidikan, tumpah ruah menyaksikan gelar karya P5 seperti penampilan tarian, berbalas pantun menggunakan bahasa Lampung, hingga bazar.

Bazar yang juga menjual sejumlah jenis makanan dan minuman menjadi olahan para siswa, saat dibuka langsung diserbu oleh warga sekolah, tak terkecuali kepala sekolah Tri Winarsih.

Usai menyaksikan gelar karya, sebagian siswa juga mengikuti sosialisasi dan edukasi tentang donor darah dan kesehatan remaja oleh Palang Merah Indonesia Provinsi Lampung. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close