Pendidikan

SMPN 44 Bandar Lampung Bina Karakter Positif Siswa Lewat Surah Yasin

Kepala SMP Negeri 44 Bandar Lampung, Udina, M.Pd. SMARTNEWS.ID

SMARTNEWS.ID – Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di SMP Negeri 44 Bandar Lampung, telah dimulai sejak 14 Maret 2022 atau dua pekan lalu.

Mengantisipasi perubahan sikap disebabkan siswa telah dua tahun mengikuti pembelajaran dalam jaringan (daring), sekolah menyuguhkan program membaca surah yasin setiap hari.

“Mewajibkan membaca surah yasin sebelum dimulainya belajar, bagian dari membina karakter positif siswa,” ujar Kepala SMP Negeri 44 Bandar Lampung, Udina, M.Pd, Kamis (24/3/2022).

Pekan pertama PTM, kata dia, siswa membaca surah yasin dipandu oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dari ruang guru melalui pengeras suara yang terhubung ke setiap kelas.

Sedangkan pada pekan kedua ini, siswa dipandu oleh guru piket sekolah. “Siswa membaca surah yasin di setiap awal masuk kelas dan sebelum pembelajaran dimulai,” katanya.

Selain dapat membina karakter siswa, kata Udina, membaca surah yasin juga untuk mendapatkan kelancaran dan keberkahan dalam melaksanakan PTM di sekolah.

Insyaallah, program membaca surah yasin akan kami lakukan selamanya di sekolah. Bahkan, mulai pekan ketiga nanti siswa yang akan membawanya dari ruang guru,” ujar Udina.

Ia menambahkan, berdasar hasil pantauan pihaknya terhadap siswa, benar saja, terdapat perubahan sikap pada sejumlah siswa, terutama pada prilaku siswa.

“Ketika guru menyapa siswa tanpa berjabat tangan dengan mengucap ‘Assalamualaikum anak-anak’. Anak-anak membalas ‘Iya Bu!’ sambil berlalu,” ini salah satu contohnya,” katanya.

“Mendengar jawaban itu, kami tertawa kecil. Namun kami tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Ini justru menjadi tanggung jawab sekolah untuk mendidik siswa menjadi lebih baik,” sambung dia.

Diketahui, SMP Negeri 44 Kota Bandar Lampung merupakan satu dari tiga sekolah yang baru saja diresmikan oleh Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana pada Kamis, 17 Maret lalu.

Sekolah beralamat di Jalan Pulau Buton Raya, Kelurahan Gunung Sulah, Kecamatan Way Halim yang didirikan sejak 2020 lalu, kini memiliki 484 siswa terdiri dari kelas 7 dan 8. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close