Humaniora

Suara Mesin Genset Temani Siswa Saat Ujian Nasional

UNBK di SMAN 17 Bandar Lampung Diwarnai Listrik PLN Padam

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Suasana keheningan yang seharusnya dirasakan siswa saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di hari ke-2, di SMAN 17 Bandar Lampung, Selasa (2/4/2019), terpecah.

Pasalnya, UNBK yang semestinya menggunakan aliran listrik dari PT PLN (Persero) untuk menghidupi sejumlah komputer di laboratorium sekolah, padam, disebabkan terjadinya kerusakan pada gardu listrik.

Akhirnya, pelaksanaan UNBK pada sesi pertama yang dimulai pukul 07.30 – 09.30 dan diikuti 35 siswa, terpaksa menggunakan mesin generator set (genset) berkapasitas 2.200 watt, sebagai pengganti aliran listrik PLN.

Kendatikondisinya demikian, namun para siswa di sana tetap bersemangat mengikuti ujian nasional hingga akhir waktu, dengan ditemani samar-samar suara bising mesin genset yang menyala di lingkungan sekolah.

Wakil kepala sekolah setempat, Sigit Sudibyo mengungkapkan, padamnya listrik PLN terjadi sebelum pelaksanaan UNBK. Hal itu disebabkan terjadinya kerusakan jaringan listrik pada gardu yang terletak di sekitar sekolah.

Namun, pihak PLN menurutnya tidak mengetahui hal tersebut, sehingga sekolah berinisiatif menghubungi petugas PLN untuk segera memperbaiki. Setelah berselang beberapa waktu, akhirnya listrik PLN kembali menyala.

“Kalau kami tidak memberitahu PLN, mungkin listrik tidak akan menyala. Menurut pengakuan petugas PLN, listrik padam karena jaringan pada gardu listrik terjadi gangguan,” ujar dia kepada smartnews.id, di sekolahnya, Selasa.

Tetapi anehnya, listrik padam terjadi hanya pada sekolah dan sejumlah warga, sedangkan warga lain tidak mengalami. “Setelah kami tanyakan hal itu, katanya cuma mati lokal saja, karena ada kabel yang renggang,” katanya.

Dia berharap, kejadian serupa tidak terulang kembali saat pelaksanaan UNBK. “Walau PLN menggaransi akan mendatangkan gardu listrik mobile bila listrik padam, tentunya akan butuh proses, sedangkan ujian tidak dapat ditunda,” ujarnya.

Sementara, petugas keamanan sekolah membenarkan listrik PLN padam mencapai 2 jam. Listrik padam menurutnya tidak terjadi pada hari ini saja, melainkan juga dirasakan saat simulai UNBK yang berlangsung beberapa waktu lalu.

“Kebetulan saya adalah warga sekitar sekolah. Di sini, memang listrik PLN sering mati, tidak tahu kenapa. Selain hari ini, simulasi UNBK waktu lalu juga listrik mati. Pokoknya daerah sini sering mati lampu,” tutupnya. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close