Humaniora

Tips Anti Stres Saat Ikuti PJJ Versi Mendikbud


SMARTNEWS.ID — Belajar di era new normal atau adaptasi kebiasaan baru memang rawan menimbulkan stres, tidak hanya bagi guru, siswa, namun juga orangtua.

Untuk itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, membagikan tips sederhana untuk menghindari kondisi tersebut.

Seperti dikutip dari akun Instagram @puslapdik_dikbud, Nadiem mengatakan kunci pertama ialah tetap tenang dan jangan panik.  Sebab, semua orang saat ini memang belum terbiasa dengan keadaan baru.

“Yakini bahwa cara terbaik PJJ (pembelajaran jarak jauh) suatu hal baru adalah dengan keluar dari zona nyaman,” kata Nadiem, dikutip dari akun Instagramnya itu, hari ini.

Kedua, membagi kelas dalam kelompok kecil. Itu diyakini memudahkan guru dalam memantau kegiatan belajar. Kemudian, guru diimbau agar memberi tugas berdasar kelompok. “Setelah itu, pantau siswa mana yang tampak tertinggal dalam tugas kelompok,” katanya.

Kemudian, kata dia alokasikan waktu bagi siswa yang tertinggal tersebut. Guru juga harus fokus pada hal-hal yang penting. Pilihlah materi yang dirasa esensial dan penting bagi murid.

Mendikbud juga meminta agar guru dan siswa terus belajar untuk memanfaatkan teknologi.  Selayaknya murid, guru, dan orang tua juga harus terus beradaptasi dan tetap belajar, terutama memanfaatkan teknologi digital.

“Jangan lupa bahagia, ingatlah untuk tetap bersenang-senang,” tandasnya. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close