Prestasi

Top! Siswa SMKN 9 Bandar Lampung Juara I Nasional Lomba Tari Nusantara Tunggal

Adinda Abdilah Al Khumahiro (empat kanan), saat menyerahkan piala Juara I lomba Tari Tunggal Nusantara tingkat SMA/MA/SMK se-Indonesia, kepada Kepala SMKN 9 Bandar Lampung, Suniyar, M.Pd. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Kebahagiaan tengah menyelimuti keluarga besar SMKN 9 Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Bagaimana tidak, salah satu siswa sekolah setempat berhasil meraih Juara I pada lomba Tari Tunggal Nusantara di Tingkat Nasional.

Siswa tersebut adalah Adinda Abdilah Al Khumahiro. Siswa kelas 11 pada Kompetensi Keahlian Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi (SIJA), ini mampu menyingkirkan peserta lain pada tingkat SMA/MA/SMK se-Indonesia.

Dijumpai di sekolahnya, Adinda biasa disapa itu, tidak dapat menyembunyikan kebahagiaannya. Dara manis kelahiran Bandar Lampung, 6 Agustus 2005 – seraya memegang piala – menumpahkan emosional kebahagiaannya.

Duh seneng banget Adinda bisa jadi juara pertama. Padahal pesertanya ramai sekali, ada yang dari Palembang Sumatera Selatan, Kalianda Lampung Selatan, dan daerah-daerah lain di Indonesia,” ujar Adinda, Senin (31/1/2022).

Meski mengikuti secara lomba virtual, namun kata Adinda, lomba tari nusantara yang digelar Kementerian Perindustrian Republik Indonesia melalui SMK – SMTI Bandar Lampung, menjadi pengalaman indah yang tidak akan dilupakan.

“Saat berlomba saya membawakan Tari Tradisional Sunda. Memilih tarian tersebut karena tarian Sunda, saya melihat sudah mulai jarang bawakan di masyarakat,” ujar putri pasangan dari Giman dan Sarmini itu.

Saat akan mengikuti lomba, lanjutnya, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan, melainkan hanya rutin berlatih setiap hari. “Latihan tarian ini saya lakukan secara outodidak dengan melihat tayangan tarian Sunda yang ada di YouTube,” katanya.

Atas keberhasilan tersebut, Adinda bersyukur karena dapat mengharumkan nama baik sekolah di tingkat nasional. “Perasaan seneng banget saya bisa membawa derajat SMKN 9 Bandar Lampung lebih ke atas lagi,” katanya.

Sementara Kepala SMKN 9 Bandar Lampung Suniyar, M.Pd yang kesempatan itu mendampingi Adinda, beterimakasih kepada pihak-pihak yang telah terlibat dan berkolaborasi dalam memersiapkan Adinda mengikuti lomba tersebut.

Kerja keras yang dibangun itu, katanya mampu membuahkan hasil yang gemilang dengan menciptakan prestasi pada diri Adinda dengan meraih Juara I pada lomba tari tunggal nusantara, terlebih di tingkat nasional.

“Prestasi ini luar biasa. Prestasi ini untuk kemajuan SMKN 9. Terima kasih saya ucapkan kepada pembina, pembimbing, serta para wakil kepala sekolah yang telah berkolaborasi menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Atas keberhasilan tersebut, dia berharap prestasi di bidang itu dan bidang-bidang lainnya dapat terus dipertahankan di SMKN 9 Bandar Lampung.

“Mempertahankannya, insyaallah kakak-kakak kelasnya akan menularkan prestasinya kepada adik-adiknya. Tentu juga didampingi oleh guru pembimbingnya untuk terus berlatih, berlatih, dan berlatih,” ujar Suniyar

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Erika Oktora Kesuma Aini, M.Pd menambahkan, lomba yang diikuti Adinda merupakan kegiatan ekstrakurikuler Gerakan Pramuka SMKN 9 Ambalan Iskandar Muda – Poetri Pang.

Pada lomba, katanya yang didampingi Pembimbing Pramuka SMKN 9 Dwi Sulandari, S.Pd ini, sejumlah anggota pramuka turut terlibat dalam proses tersebut, seperti menyiapkan tempat, kostum, dan pengambilan video saat Adinda tampil.

Alhamdulillah, meski di masa pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat siswa untuk terus berpretasi. Tentu dengan dukungan kuat dari Kepala SMKN 9 Ibu Suniyar, tim manajemen, dan pembina ekstrakurikuler,” katanya.

Kemudian Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Industri, Shofwan Adhar, S.Pd, mengatakan keberhasilan Adinda mampu memotivasi siswa lain untuk mengejar prestasi baik di bidang akademik dan nonakademik. (***)

Juara Lomba Tari Nusantara

Juara I, SMKN 9 Bandar Lampung – Tari Tradisional Sunda

Juara II, SMKN 2 Terbanggi Besar – Tari Tradisional Lampung

Juara III, SMA Al Azhar Bandar Lampung – Tari Tradisional Lampung

Juara IV, SMAN 6 Palembang – Tari Ke Sungai Palembang

Sumber: SMK – SMTI Bandar Lampung

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close