Humaniora

UKM Hindu Unila Gelar Jnana Dharma 2019

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Hindu Universitas Lampung, menggelar Jnana Dharma 2019 berbentuk perlombaan, di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unila, Minggu (26/5/2019).

Jnana Dharma bertajuk Menuju Generasi Muda Hindu Cerdas dan Berbudaya, itu diikuti 416 peserta dari SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Kegiatan tersebut dibuka Rektor Unila diwakili Pembina UKM Hindu Drs. Nengah Maharta, M.Si.

Adapun cabang lomba, meliputi Sembahyang (usia 7-12 tahun), Tari (12-18), Krtanam (13-18), Sloka Cepat (12-16). Sloka Seruti dan Dharma Widya (SMP & SMA), Dharma Wacana (SMA & Mahasiswa), serta Videografi dan Cipta Lagu Rohani (Umum).

Ketua Pelaksana Jnana Dharma, I Wayan Edo Brelian Pradigma mengatakan, kegiatan dengan melibatkan 416 peserta, bertujuan mengembangkan potensi generasi muda Hindu di Lampung, di bidang pengembangan kerohanian.

Panitia kegiatan Jnana Dharma 2019 UKM Hindu Unila berfoto bersama tamu undangan.

Momen spesial pada Jnana Dharma 2019, menurut dia peserta lomba Dharma Wacana turut diramaikan oleh utusan mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta dan sejumlah perguruan tinggi dari luar Lampung.

Saat berlomba, dewan juri akan memilih peserta terbaik 1, 2, dan 3 disetiap cabang lomba. Para juara memperoleh uang tunai, piala, dan piagam penghargaan. “Panitia menyiapkan uang puluhan juta rupiah bagi para juara,” ujar dia.

Ketua UKM Hindu, I Putu Yogi Setiawan Permana menerangkan, kegiatan ini mampu kembangkan minat dan bakat dibidang ilmiah dan kerohanian, sekaligus mendukung visi misi Unila menjadi peringkat 10 terbaik Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Pelaksanaan Jnana Dharma juga sebagai wadah mengekspresikan bakat dan minat peserta serta meningkatkan kemampuan dirinya. Kegiatan ini juga mampu melatih kesabaran dan berkompetisi secara sehat,” katanya.

Panitia Jnana Dharma 2019 UKM Hindu Unila, mengabadikan momen, di sela-sela kegiatan.

Senada dikatakan Ketua Ikatan Keluarga Alumni UKM Hindu Unila, Wayan Rumite, M.Si, bahwa Jnana Dharma dapat mengembangkan pengetahuan dan kreativitas peserta, untuk menjadi generasi yang siap terjun ke masyarakat.

Sementara Pembina UKM Hindu Unila Drs. Nengah Maharta, M.Si, ingin kegiatan Jnana Dharma menjadi sarana memperkuat tali silaturahmi antarpeserta, sekaligus mempromosikan Unila di masyarkat luas.

Kegiatan Jnana Dharma 2019, dihadiri Majelis Tinggi di Lampung, yaitu Parisadha Hindu Dharma Indonesia Lampung dan Wanita Hindu Dharma Indonesia Lampung, Pembimas Hindu Lampung, Prajaniti Lampung, DPP Peradah Lampung.

Ikatan Cendikiawan Hindu Indonesia Sumatera Bagian Selatan. PD Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Lampung, DPK Peradah Bandar Lampung, PC KMHDI Bandar Lampung dan Metro, dan sejumlah UKM di Unila. (Komang)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close