Pendidikan

Unjuk Karya P5 Kurikulum Merdeka SMPN 13 Bandar Lampung Usung Kearifan Lokal Daerah Lampung

Kepala SMPN 13 Bandar Lampung, Amaroh, S.Pd., M.M, berfoto bersama sejumlah siswa pada kegiatan unjuk karya P5 Kurikulum Merdeka, di sekolah setempat, Kamis (15/12/2022). DOK SEKOLAH

SMARTNEWS.ID – UPT SMPN 13 Bandar Lampung, memfasilitasi siswa-siswa sekolah setempat melakukan unjuk karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) hasil dari pembelajaran Kurikulum Merdeka, di sekolah setempat, Kamis (15/12/2022).

Pada unjuk karya P5 tersebut, ada hal yang cukup menarik, sebab sekolah mengambil tema kearifan lokal daerah Lampung, seperti menampilkan keripik pisang dengan beraneka ragam rasa, selimpok pisang, dan kerajinan tangan tapis yang menjadi hasil karya siswa.

“Unjuk karya siswa-siswi yang ditampilkan ini merupakan hasil akhir dari pembelajaran P5 sebagai implementasi dari Kurukulum Merdeka yang sudah dilakukan sekolah,” ujar Kepala SMPN 13 Bandar Lampung, Amaroh, S.Pd., M.M, usai kegiatan.

Ia mengatakan, hasil karya siswa yang ditampilkan tersebut sangat memikat hati pengunjung. Pasalnya, seluruh makanan yang dijajakan terjual habis diborong siswa, guru dan tenaga pekendidikan, dan masyarakast sekitar sekolah.

“Bagaimana tidak ludes terjual, sebab rasa dari makanan-makanan yang ditampilkan tersebut sangat menggugah selera. Saya sendiri sudah merasakan. Hasilnya memang sangat-sangat enak. Belum lagi harganya cukup terjangkau,” kata dia.

Ia berharap, unjuk karya P5 Kurikulum Merdeka dapat menjadi motivasi bagi para siswa untuk terus berkreasi dalam menciptakan suatu produk. “Kegiatan ini juga menjadi pembelajaran dan pengalaman bagi siswa dalam berwirausaha untuk berprestasi,” kata dia.

Pada kegiatan ini, sambungnya, juga dilaksanakan mengumumkan pemenang kegiatan class metting, seperti lomba solo song, kebersihan dan keindahan kelas, serta futsal. Kemudian, pemberian 10 piagam penghargaan kepada siswa berprestasi bidang akademik tingkat sekolah.

“Pemberian penghargaan ini untuk siswa yang memiliki nilai terbaik,” ujar dia seraya mengatakan bahwa pada hari ini juga telah dilaksanakan pembagian hasil pembelajaran siswa berupa rapor oleh SMPN 13 Bandar Lampung.

Selain hal tersebut, lanjutnya, pada semester pertama tahun pelajaran 2022/2023 ini, ada sejumlah prestasi lain yang sudah didapat para siswa, diantaranya meraih medali perak dan perunggu pada Porprov Kick Boxing Ke-9 Tingkat Provinsi, di Gedung Sumpah Pemuda Way Halim.

“Selain itu juga 8 siswa putri kami mendapatkan peringkat ke-4 sebagai sebagai peserta LT Tingkat III Cabang Kota Bandar Lampung yang dilaksanakan pada tanggal 24 – 27 Nov 2022 di Bumi Perkemahan Ragom Gawi, Kemiling, Bandar Lampung. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close