Pemkot Balam

Wali Kota Eva Dwiana Harap Bandar Lampung Jadi Barometer Positif Pemilu 2024

Apel Pengamanan Pemilu 2024

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, saat memimpin apel besar pengamanan Pemilu 2024 dan pembersihan APK, di halaman parkir pemerintah kota, Senin, 12 Februari 2024. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana berharap kota berjuluk Tapis Berseri ini dapat menjadi barometer positif bagi daerah lain dalam pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang aman dan tenang.

Harapan itu disampaikannya saat memimpin apel besar pengamanan Pemilu 2024 dan pembersihan alat peraga kampanye (APK), di halaman parkir pemerintah kota setempat, pada Senin, 12 Februari 2024.

Mewujudkan hal itu, selain berkomunikasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Pemkot Bandar Lampung juga berkomunikasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Guna menciptakan pemilu di Kota Bandar Lampung aman dan damai, kita juga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI, bahkan hingga ke tingkat RT,” kata wali kota perempuan pertama di Bandar Lampung ini.

Tak sampai di sana, menyukseskan Pemilu 2024 ia juga mengaku telah memerintahkan aparatur hingga ke tingkat kelurahan. Tujuannya agar Pemilu berjalan dengan baik. “Kami selalu berkoordinasi hingga tingkat kelurahan,” katanya.

Masih kata dia, pada masa tenang Pemilu 2024 ini pihaknya juga gencar melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) di Bandar Lampung. Pada pencopotan APK itu, berkoordinasi dengan Bawaslu Bandar Lampung.

“Kalau APK hampir seluruhnya sudah dibersihkan, harapannya masyarakat semua mengikuti peraturan. Sementara, pengawasan di kelurahan dan kecamatan adalah Bawaslu. Harapan pula semuanya tertib,” terang dia.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bandar Lampung, Apriliwanda mengatakan pada masa tenang Pemilu 2024, pihaknya fokus melakukan pengawasan dan penertiban APK di seluruh wilayah Kota Bandar Lampung.

“Memasuki hari tenang pada 11-13 Februari, pertama kami fokus pengawasan dan penertiban APK dengan mengerahkan semua mulai dari TPPS sampai Panwas. Kemudian juga money politik dan  hoaks,” tuturnya.

Dalam penertiban APK tersebut, Bawaslu mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Bandar Lampung berupa mobil Penerangan Jalan Umum (PJU). “Mobil PJU itu untuk menjangkau APK yang tidak terjangkau kami,” kata dia. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close