Humaniora

326 Siswa SMP/MTs Ikuti OSN Tingkat Kota Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Sebanyak 326 siswa SMP/MTs mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota Bandar Lampung, di SDN 1 Palapa, Tanjungkarang Pusat, Bandar Lampung, Sabtu (16/3/2019).

OSN yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung Ir. Daniel Marsudi yang diwakili Koordinator Pengawas Drs. Suwandi Umar, M.Pd, itu berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

Ketua Panitia OSN Suharsono, S.Sos mengatakan, OSN yang diikuti siswa meliputi mata pelajaran Matematika sebanyak 112 siswa, Ilmu Pengetahuan Alam (106), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (108).

Dia yang juga Kepala Seksi Kurikulum itu mengatakan, butir soal OSN yang dikerjakan siswa terdiri atas soal pilihan ganda dan esai. Setiap mata pelajaran, siswa diberikan waktu selama 120 menit atau dua jam.

“OSN tahun ini masih berbasis ujian tulis berbasis kertas. Kendati demikian, soal yang diberikan berstandar nasional,” ujar dia didampingi Kepala Seksi Kelembagaan Mulyadi, S.Sos itu.

Sementara Korwas Disdikbud Drs. Suwandi Umar, M.Pd menerangkan, soal OSN yang dikerjakan siswa berasal dari pusat. Penilaian akan dilakuan langsung panitia, usai peserta mengikuti ujian.

Setiap butir soal yang benar, menurutnya peserta akan memperoleh 4 poin, jawaban tidak diisi tidak memiliki poin, sedangkan jawaban salah akan dikurangi 1 poin.

“Jawaban salah yang dikurangi 1 poin hanya untuk pelajaran IPA dan IPS. Sedangkan Matematika tidak berlaku, salah atau tidak diisi sama-sama tidak memperoleh poin,” ujarnya kepada smartnews.id, di sela-sela OSN.

Kemudian Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Dr. M. Badrun, M.Ag mengatakan, dari sejumlah peserta OSN SMP/MTs tingkat kota ini, panitia akan mencari juara 1, 2, dan 3, di setiap mata pelajaran.

Menurutnya, para juara tersebut akan diikutsertakan pada OSN tingkat Provinsi Lampung yang rencananya digelar pada akhir April atau awal Mei 2019.

“Insya Allah juara OSN tingkat kota akan mengikuti OSN tingkat provinsi. Harapan kami, peserta itu juga dapat mewakili Lampung pada OSN tingkat nasional,” kata dia yang juga Kepala SMPN 2 Bandar Lampung itu. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close