Pagelaran seni di SMAN 6 Metro. DOK SEKOLAH
SMARTNEWS.ID – SMA Negeri 6 Metro sukses menggelar proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila, Rabu, 8 Juni 2022. Proyek ini mengambil tema “Kearifan Lokal” dengan Sub Tema ‘Pagelaran Seni.’ Proyek Ini adalah proyek keempat setelah sebelumnya tiga proyek yang sudah dilakukan yaitu pembuatan pakan permentasi rusa, fenomena bullying, dan pembuatan roti manis.
Hadir pada pagelaran seni ini Kacabdin Wilayah V, Ketua Dewan Kesenian Metro, Komite Sekolah, dan perwakilan orangtua peserta didik. Dalam sambutan sekaligus laporan Kepala SMA Negeri 6 Metro, Sunarti, M.Pd, menyampaikan bahwa proyek ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” secara langsung, sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar.
Proyek penguatan ini juga dapat menginspirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan memberikan manfaat/dampak bagi pelestarian kesenian daerah, sehingga peserta didik dapat mempelajari hal-hal di luar kelas untuk mendapatkan pemahaman bahwa yang dipelajari di sekolah memiliki hubungan dengan kehidupan sehari-hari. Di samping itu membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri peserta didik melalui eksplorasi tentang budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar serta perkembangannya.
Lebih lanjut disampaikannya bahwa proyek ini bertujuan agar peserta didik mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/daerah berkembang seperti yang ada, bagaimana perkembangan tersebut dipengaruhi oleh situasi/konteks yang lebih besar (nasional dan internasional), serta memahami apa yang berubah dari waktu ke waktu dan apa yang tetap sama; peserta didik juga mempelajari konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan mereka; peserta didik juga belajar untuk mempromosikan salah satu hal yang menarik tentang budaya dan nilai-nilai luhur yang dipelajarinya.
Harapan akhir proyek ini bahwa dari kegiatan ini akan muncul karakter/profil pelajar pancasila dengan dimensi, pertama: mandiri. Menentukan prioritas pribadi, berinisiatif mencari dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik sesuai tujuan di masa depan. Kedua: bergotong royong. Pelajar Indonesia memiliki kemampuan untuk melakukan kolaborasi dengan sukarela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan untuk kebaikan bersama, dan yang ketiga: kreatif. Menghasilkan gagasan yang beragam untuk mengekspresikan pikiran dan perasaannya, menilai gagasannya, serta memikirkan segala risikonya dengan mempertimbangkan banyak perspektif seperti etika dan nilai kemanusiaan ketika gagasannya direalisasikan.
Di akhir sambutannya Sunarti menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu dan mendukung kegiatan pagelaran seni ini. Khususnya kepada seluruh orangtua peserta didik yang sudah bekerja sama dan mendukung sepenuhnya program-program sekolah selama ini.
Sedangkan dalam sambutannya Kacabdin Wilayah V, Indarti, S.Sos, menyampaikan apresiasi kepada SMA Negeri 6 Metro yang terus bekerja keras berinovasi mengembangkan potensi peserta didik baik akademik maupun non-akademik dengan bimbingan para guru-guru yang luar biasa dan kepada para peserta didik, Kacabdin menyampaikan pesan untuk tetap semangat dan terus berjuang menjadi pelajar yang tangguh dalam mewujudkan cita-cita.
Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Kesenian Metro, Muadin Efuari juga mengapresiasi kegiatan pagelaran seni ini sebagai bentuk rasa ikut memiliki dan bangga terhadap budaya bangsa Indonesia dan memberikan masukan agar video-video terdokumen dengan baik maka perlu ke depan anak-anak dibekali dengan teknik pengambilan gambar ataupun video. (RLS)