Humaniora

Aplikasi Smart School Lampung Berjaya Resmi Diluncurkan

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Pemerintah Provinsi Lampung, resmi meluncurkan aplikasi Smart School Lampung Berjaya, di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung, Bandar Lampung, Senin (16/12/2019).

Aplikasi Smart School atau Sekolah Pintar dengan konsep sekolah yang berbasis teknologi dan akan digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas, resmi diluncurkan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Diketahui, aplikasi Smart School merupakan pengembangan aplikasi Rumah Belajar milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Aplikasi ini membantu komunitas pendidikan dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik.

Sementara, dalam operasianal aplikasi Smart School, Pemprov Lampung bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, bekerjasama dengan Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemdikbud.

Gubernur Lampung Arianal Djunaidi, Kepala Pustekkom Kemdikbud Gogot Suharwoto, Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar, berfoto bersama Forkopimda, pada peresmian aplikasi Smart School Lampung Berjaya.

Dihadapan ribuan pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik, Gubernur Lampung mengatakan aplikasi Smart School mampu mendukung seluruh program pendidikan di Lampung dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

Menurtnya, aplikasi berbasis teknologi ini merupakan terobosan baru bagi dunia pendidikan, khususnya di tanah Sai Bumi Ruwa Jurai. “Kami sangat mendukung program pendidikan karena dapat memajukan bangsa,” katanya.

Kepala Pustekkom Kemdikbud Gogot Suharwoto saat menghadiri peluncuran aplikasi Smart School menerangkan, dalam menyukseskan penerapan aplikasi ini pihaknya siap membantu dan melatih guru dan operator sekolah se-Lampung.

Menurutnya, aplikasi Smart School sangat tepat dan efektif digunakan bagi dunia pendidikan pada masa era teknologi digital, seperti saat ini. “Kami sangat mendukung langkah dilakukan Pemprov Lampung ini,” ujarnya.

Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar, saat memberi kata sambutan pada peresmian aplikasi Smart School Lampung Berjaya, serta resepsi HGN 2019 dan HUT ke-74 PGRI, di GSG Unila, Senin (16/12/2019).

Sementara itu Kepala Diskdikbud Lampung Sulpakar menjelaskan, aplikasi Smart School merupakan fasilitas penunjang pendidikan yang digunakan oleh pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, menurutnya dengan mengakses laman smartschool.lampungprov.go.id. Hingga kini, aplikasi Smart School telah diakses 1.756 sekolah, 2.413 guru aktif, dan 5.521 siswa pengguna.

“Ke depan, diharapkan pengguna aplikasi Smart School Lampung Berjaya, ini lebih banyak lagi. Aplikasi ini untuk kebaikan pendidikan di Lampung,” ujar mantan Pj Wali Kota Bandar Lampung itu.

Kabid Pembinaan SMA Disdikbud Lampung Diona Katharina (empat kanan), berfoto bersama sejumlah Kepala SMA di Lampung (pakaian PGRI), pada peluncuran aplikasi Smart School.

Pada peluncuran aplikasi Smart School Lampung Berjaya oleh Gubernur Lampung, di waktu bersamaan juga dilakukan resepsi Hari Guru Nasional 2019 dan HUT ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close