Ruwa Jurai

Arus Balik Idulfitri Dinkes Lampung Distribusikan 12 Ribu Alat Rapid Tes Antigen

ILUSTRASI

SMARTNEWS.ID — Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mendistribusikan 12 ribu alat rapid tes antigen untuk para pelaku perjalanan pada arus balik lebaran Idulfitri 1442 Hijriah.

Sejumlah alat rapid tes tersebut akan disiagakan di 9 posko penyekatan dan diberikan kepada masyarakat yang belum bisa menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19.

“Rapid tes antigen ini akan disediakan secara gratis untuk para pelaku perjalanan yang lewat pada arus balik,” ujar Kepala Dinas Provinsi Lampung, Reihana, Sabtu (15/5/2021).

Selain dari Dinkes, lanjut dia, Kementerian Kesehatan RI juga membantu 200 ribu alat rapid tes antigen. “Sejumlah alat itu juga nanti akan diletakkan di posko penyekatan,” katanya.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, Pemprov Lampung telah menyiapkan tempat isolasi bila ada masyarakat dinyatakan positif Covid-19.

Menurutnya, tempat yang disediakan seperti wisma dan rumah susun. “Kalau kurang, pemerintah pusat memberi dukungan menyiapkan hotel atau losmen,” ujar Doni.

Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana itu, juga mengingatkan masyarakat untuk segera ke rumah sakit bila terkonfirmasi positif Covid-19.

“Mau dia bergejala rendah atau sedang, apalagi berat harus segera dibawa ke rumah sakit. Itu supaya mendapat penanganan khusus sebelum terlanjur parah,” kata dia di Jakarta, Sabtu. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close