Humaniora

Belajar Dari Rumah Tidak Halangi Siswa Raih Prestasi

SMARTNEWS.ID — Meski belajar dari rumah – di tengah pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) – tidak menghalangi peserta didik untuk meraih prestasi.

Konsep dan strategi dalam mewujudkan impian peserta didik itu, peran guru bimbingan dan konseling (BK) berkolaborasi dengan orangtua, sangat penting dalam proses tersebut.

Caranya, yakni memberi motivasi secara berkesinambungan, serta mengarahkan potensi peserta didik dalam mencapai keberhasilan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Hal itu yang menjadi pokok penting web seminar (webinar) guru belajar ‘Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi Tahun Pelajaran 2020/2021,’ disampaikan Rafika Trisha Ananda, M.Pd.

Rafika – panggilannya – merupakan salahsatu narasumber pada webinar yang digelar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud, Senin (27/7/2020).

Menurut Rafika yang juga guru BK di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung itu, ada tiga hal dalam mendukung peserta didik untuk meraih prestasi selama mengikuti PJJ, di tengah pandemi.

Strategi pertama yang perlu dilakukan guru BK adalah membangun kepercayaan diri peserta didik, serta merancang konsep pembelajaran di masa pandemi covid-19.

Caranya, yakni membuat media pembelajaran yang paling mudah diterima oleh peserta didik, serta membuat strategi pendekatan yang persuasif kepada orangtua peserta didik.

Kedua, memahami konsep pembelajaran yang dituangkan guru, baik melalui video maupun secara tulisan. “Termasuk konsep pendekatan guru BK bersama orantua,” ujar dia.

Terakhir, membangun ikatan emosional kepada peserta didik. Caranya, menjaga rasa semangat, menggali potensi, membangun kreativitas, dan mengarahkan sebuah prestasi.

“Membangun emosional pada PJJ, sangat penting dilakukan guru terhadap siswa,” ujar dia yang juga pernah meraih juara INOBEL PASOPIMBK SMP 2019, Kemdikbud itu.

Pada hal-hal tersebut, menurut dia, merupakan kunci pada PJJ. Peran guru BK, tambah dia, sangat dibutuhkan dalam memberi dorongan peserta didik untuk meraih prestasi.

Diketahui, pada webinar tersebut dimoderatori oleh Emi Fitriani, S.Si., M.M dan Sotya Mayangwuri, S.Psi., MS.Ed dari Ditjen GTK Dikdas Kemdikbud. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close