Nasional & Internasional

Di Tengah Pandemi Perguruan Tinggi Lahirkan 1.600 Inovasi

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID — Kendati pandemi virus corona atau Covid-19 melanda Indonesia hampir sembilan bulan lamanya, namun banyak inovasi yang dilahirkan perguruan tinggi.

Itu dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D, melalui siaran Youtube Media Indonesia ‘Indonesia Belajar dari Rumah: Daring Hingga Luring’, Kamis (5/11/ 2020).

Bahkan menurut Nizam, inovasi yang dihasilkan perguruan tinggi mencapai 1.600. Mulai dari masker, pelindung wajah atau face shield, serta ventilator yang jumlahnya mencapai 10 jenis.

“Kemdikbud bangga dengan inovasi yang dihasilkan tersebut. Inovasi tetap lahir bahkan terbilang cepat dan banyak jika dibandingkan pada masa normal,” ujar Nizam.

Selain itu, ujar Nijam, perguruan tinggi juga mampu menciptakan purwarupa lainnya. Bahkan, purwarupa itu diikat oleh industri dan dipergunakan secara masif di rumah sakit.

Menurutnya, menciptakan inovasi dalam waktu singkat merupakan satu hal yang perlu diapresiasi. Kemampuan perguruan tinggi berinovasi ini dapat dilihat pula sebagai capaian baik bagi dunia pendidikan di Indonesia.

“Artinya, perguruan tinggi di Indonesia tak kalah dengan kemampuan perguruan tinggi di luar negeri. Perguruan tinggi kita yang ternyata mampu akselerasi,” kata dia. (MCI)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close