Bandar Lampung

Disdikbud Bandar Lampung Rancang Aplikasi SIMPROFDIK

Mudahkan Informasi Pendidikan

Tim IT Disdikbud Bandar Lampung, saat menyosialisasikan aplikasi SIMPROFDIK kepada sejumlah operator PAUD di Bandar Lampung, Kamis (14/10/2021). ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung merancang aplikasi Sistem Informasi Manajemen Profil Pendidikan (SIMPROFDIK) yang berisikan tentang data peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan satuan pendidikan.

Aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tentang pendidikan di Kota Tapis Berseri. Data yang dijadikan pada SIMPROFDIK tersebut, nantinya didapat dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Aplikasi yang dirancang ini, agar masyarakat mudah menemui data pendidikan yang dibutuhkan,” ujar Tim IT (Information Technology) Disdikbud Hadi Sureken, saat menyosialisasikan aplikasi tersebut kepada sejumlah operator PAUD di Bandar Lampung, Kamis (14/10/2021).

Sosialisasi yang dilakukan di ruang IT Disdikbud setempat itu, juga turut dihadiri sejumlah tenaga IT dari Bidang PAUD Formal – Nonformal dan Pendidikan Masyarakat Disdikbud Bandar Lampung.

Menurut Hadi, aplikasi tersebut akan lebih mudah dipahami masyarakat dalam mengetahui informasi tentang peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan satuan pendidikan, baik pada jenjang PAUD, SD, dan SMP.

“Informasi ini nantinya sangat runut. Masyarakat bahkan bisa melihat data itu mulai dari tingkat sekolah, sekolah berada dalam satu kecamatan, bahkan keseluruhan di Bandar Lampung. Semuanya nanti ada di situ,” ujar dia.

Dia mengatakan, aplikasi tersebut juga bagian dari rencana dan strategi capaian kinerja guna mendukung visi dan misi Disdikbud Bandar Lampung dan Pemerintah Kota Bandar Lampung.

“Aplikasi ini dirancang supaya dinas mempunyai satu data yang sama, sehingga lembaga pendidikan yang membutuhkan semua data terkait pendidikan, cukup membuka aplikasi tersebut,” ujar Hadi.

Hadi menambahkan, aplikasi tersebut akan tersajikan secara real time dan update. “Untuk mendapatkan informasi tersebut nantinya, masyarakat dapat mengakses lewat situs Disdikbud Bandar Lampung,” tuturnya. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close