Bandar Lampung

Disdukcapil Temukan Ratusan Peserta PPDB Manipulasi Data Kependudukan

Tim verifikasi faktual salah satu SMA Negeri di Bandar Lampung, saat mendatangi rumah peserta PPDB jalur zonasi. Dok

SMARTNEWS.ID — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung, temukan ratusan peserta PPDB SMA Negeri 2020, manipulasi data kependudukan.

Sejumlah temuan tersebut, berdasar hasil verifikasi faktual data kependudukan yang dilakukan Disdukcapil bersama 17 SMA Negeri pada Sabtu dan Minggu kemarin.

“Rata-rata data yang dimanipulasi, seperti tanggal, bulan, dan tahun kartu keluarga (KK). Mereka menggantinya dengan yang baru,” ujar Kepala Disdukcapil Drs. Ahmad Zainuddin, M.A.P, Senin (22/6/2020).

Baca juga: 62 Polisi Kawal Verifikasi Faktual PPDB 2020

Upaya penemuan hal tersebut, menurut dia merupakan komitmen kerjasama antara pihaknya dan Disdikbud Lampung, Polresta Bandar Lampung, dan sekolah.

“Verifikasi faktual ini dalam rangka memastikan data kependudukan yang telah diunggah peserta PPDB. Bila KK siswa kurang dari satu tahun, maka tidak bisa diterima,” katanya.

Dia menambahkan, pelaksanaan verifikasi faktual yang dilakukan pihaknya berakhir pada Minggu, 21 Juni 2020, pukul 22.00. “Kami sudah bekerja secara maksimal,” kata dia.

Diketahui, verifikasi faktual data kependudukan hanya dilakukan bagi peserta PPDB SMA Negeri dari jalur zonasi. Itu dilakukan berdasar instruksi Disdikbud Lampung.

10 Peserta PPDB SMAN 2 Terancam Gugur

Sementara itu, sebanyak 10 peserta PPDB jalur zonasi pada SMA Negeri 2 Bandar Lampung, terancam gugur. Hal tersebut berdasar hasil verifikasi faktual data kependudukan.

“Berdasar hasil verifikasi faktual yang telah kami lakukan, 10 pendaftar didapati memiliki dokumen domisili yang tidak sesuai,” kata Ketua Panitia PPDB SMAN 2, Maryani, Senin (22/6/2020).

Baca juga: Peserta PPDB Pemalsu Data Kependudukan Bakal Digugurkan

Penemuan tersebut, lanjut dia, berdasar hasil pencocokan data kependudukan di Disdukcapil Kota dan dari rumah ke rumah. “Pendaftar itu dipastikan terancam gugur,” kata dia.

Menurut dia, sebelum menemukan 10 pendaftar tersebut, pihaknya bersama komite dan anggota kepolisian melakukan verifikasi faktual terhadap 39 pendaftar PPDB dari jalur zonasi.

Diketahui, SMA Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2020/2021 akan menerima 288 siswa baru. Secara perinci, jurusan IPA tujuh kelas dan IPS dua kelas. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close